RPP
Tema- SELALU BERHEMAT ENERGI –
Sub tema-
MACAM-MACAM SUMBER ENERGI
Tahun 2013-2014
Sekolah :
SD Negeri Impian Surabaya
Kelas/semester :
4/1
Tema : Selalu berhemat energi
Sub tema : macam-macam sumber energi
Pertemuan ke- :
25
Alokasi waktu :
6x35 menit
A.
Kompetensi
Inti
|
C. Tujuan
Pembelajaran
·
Setelah kegiatan eksplorasi, melaporkan
hasil pengamatan tentang manfaat benda-benda elektronik.
·
Setelah kegiatan eksplorasi, melaporkan
hasil pengamatan tentang manfaat sumber energi listrik bagi kehidupan manusia.
·
Dengan kegiatan eksplorasi mengerjakan
soal-soal latihan hitung campur, siswa mampu mengaplikasikan konsep persamaan
ekspresi kalimat matematika dalam operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan
perkalian secara benar.
·
Dengan kegiatan eksplorasi, siswa mampu
menyajikan teks laporan hasil pengamatan dalam bentuk tabel tentang manfaat
benda-benda elektronik dan perubahan bentuk energi listrik dengan benar.
·
Setelah kegiatan pengamatan terhadap
benda-benda elektronik , siswa mampu menyajikan dan menerangkan teks
arahan/petunjuk tentang cara pengunaan benda-benda elektronik dengan benar
dalam bentuk buklet.
A.
Materi
Ajar
IPA, Matematika, dan Bahasa Indonesia
B.
Metode
Pembelajaran:
Mengamati,
identifikasi,exercise, problemsolving,duplikasi
C.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Diskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Guru mengucapkan salam,
Mengajak siswa berdoa bersama
Alpha zone:
“tepuk tong tji”
Buka telapak tangan
kiri, sentuhkan semua ujung jari kanan ke telapak tangan kiri sebanyak 2 kali
sambil berseru “tong tji”- “tong tji”
Lalu jawab dengan
tepukan 2 kali sambil berkata “cha-cha”
Kepakan 2 tangan
sebanyak 2 kali (seperti sayap burung yang akan terbang)sambil berseru
“wing-wing”,
lalu jawab dengan
tepukan 2 kali sambil berkata “cha-cha”
Letakan kedua tangan
dipinggang, kepala di geleng-gelengkan kiri kanan sambil berseru
“gelang-geleng”
Lalu jawab dengan
tepukan 2 kali sambil berkata “cha-cha”
|
|
Inti
|
siswa diajak mengamati lampu
di ruang kelas, minta satu siswa untuk menyalakan dan
memadamkan
lampu tersebut lewat saklar yang ada.
|
|
Guru mengajukan pertanyaan, (tuliskan jawaban siswa
di
papan tulis):
a. Mengapa
lampu itu bisa menyala dan padam?
(karena ada tombol saklar yang digerakkan)
b. Apa
fungsi saklar lampu di dinding tersebut?
(untuk menyalakan dan memadamkan lampu)
c. Saat
lampu dimatikan, saklar berubah posisi, mengapa demikian?
(arus listrik diputus sehingga tidak
mengalir ke lampu)
d. Demikian
pula saat lampu dinyalakan, saklar berubah posisi, mengapa demikian?
(arus listrik dialirkan ke lampu)
e. Selain
karena saklar yang berubah posisi, adakah hal lain yang menyebabkan lampu itu
terus menyala?
(karena ada sumber energi listrik/arus
listrik)
|
||
Guru mengajukan pertanyaan terbuka:
“Bagaimana peranan arus listrik dalam kehidupan sehari-hari?
Adakah manfaatnya?”
|
||
Siswa melakukan pengamatan pada benda-benda elektronik di
sekitar sekolah, mengidentifikasi kegunaan dan perubahan bentuk energi, serta
mencatat hasil pengamatan dalam bentuk tabel. (Penilaian no. 1)
|
||
Siswa menarik kesimpulan tentang kegunaan benda serta
hubungannya dengan arus listrik yang merupakan salah satu bentuk energi,
dengan mengajukan beberapa
pertanyaan:
−− Siswa diarahkan untuk menarik kesimpulan
dari hasil data yang telah dibuat, dengan mengajukan beberapa pertanyaan
secara lisan :
a.
Bagaimana benda-benda tersebut dapat bekerja? (dengan mengalirkan arus
listrik)
b.
Apa yang terjadi jika tidak terdapat arus listrik yang mengalir pada
bendabenda tersebut? (benda tidak dapat bekerja)
c.
Bagaimana peranan benda-benda tersebut dalam kehidupan sehari-hari?
(mempermudah pekerjaan manusia)
d.
Bagaimana peranan bentuk energi listrik dalam kehidupan manusia? (mempermudah
pekerjaan manusia)
−− Bagaimana peralatan elektronik tersebut
membantu mempermudah kehidupan kita?
−− Bagaimana perubahan bentuk energi yang
terjadi saat benda-benda tersebut bekerja?
−− Bagaimana
manfaat listrik dalam kehidupan kita?
Kesimpulan
yang diharapkan:
−− Benda-benda elektronik memiliki
kegunaan untuk mempermudah kehidupan manusia.
−− Benda-benda elektronik dapat
menjalankan fungsinya jika dialiri arus listrik.
−− Arus listrik merupakan salah satu
bentuk energi karena menyebabkan benda-benda elektronik bekerja/berfungsi.
−− Arus listrik bermanfaat dalam
kehidupan sehari-hari, yaitu mempermudah kehidupan manusia.
Guru mengkonfirmasikan kesimpulan dengan teori yang ada.
Sumber
energi terbesar yang digunakan dalam kehidupan adalah matahari. Matahari
memberikan energi panas pada berbagai benda di bumi. Dalam hal pancarannya
matahari juga memberikan penerangan di muka bumi ini dalam bentuk energi
cahaya. Sumber energi lain yang tersedia di alam adalah energi air dan angin.
Energi
Nuklir adalah energi yang terjadi akibat pemecahan inti atom yang disebut
gejala reaksi fisi atau penggabungan inti atom yang disebut reaksi fusi yang
selanjutnya dikendalikan dalam reaktor nuklir. Dengan pengendalian yang baik
energi nuklir ini dapat diubah menjadi energi listrik atau Pembangkit Listrik
Tenaga Nuklir (PLTN) dan dapat dihasilkan energi yang sangat besar dan dapat
kita manfaatkan bagi keperluan hidup sehari-hari.
|
||
Pemakaian
energi listrik di rumah-rumah dihitung berdasarkan banyaknya daya yang
dipakai dalam selang waktu tertentu, yang pada umumnya dihitung tiap bulan
melalui rekening listrik yang dikeluarkan PLN. Dalam hal ini PLN menggunakan
ukuran kilo watt jam atau disingkat KWH. Besarnya : 1 KWH = 1000 watt jam.
Pemakaian energi listrik ini dihitung berdasarkan pemakaian daya, misalnya
lampu, televisi, radio, mesin cuci dan sebagainya dalam selang waktu satu
bulan.
Andaikan
kita menggunakan daya tiap hari untuk lampu setara 50 watt, televisi, 150
watt, mesin cuci 300 watt, maka dalam satu hari kita menggunakan daya tiap
hari 500 watt, dalam 30 hari kita menggunakan energi listrik sebanyak 500
watt x 30 hari = 15000 watthari = 15 KWH. Apabila tarif energi listrik pemakaian
tiap KWH Rp2000,-
Jumlah dana yang dibayarkan adalah 15 x
Rp2000,- = Rp30.000,-
|
||
Energi listrik adalah energi yang paling banyak digunakan di
rumah. Setiap rumah yang menggunakan energi listrik, harus mengeluarkan biaya
untuk membayar daya listrik yang digunakan.
|
||
Siswa menjawab pertanyaan :
Sebuah ruang tamu terdiri atas 3 lampu. Dua lampu berukuran 15
watt dan 1 lampu berukuran 40 watt. Berapa watt daya yang digunakan pada
ruang itu?
Jika tiga lampu itu digunakan selama 24 jam, berapa killo watt
jam (kWh) total daya yang digunakan ketiga lampu tersebut? (1 kWh = 1.000 wattjam)
|
||
Siswa mengerjakan latihan soal halaman 3 :
Yuk kita berlatih!
1. Perhatikan kalimat matematika
berikut:
a. 2
x 3 + 1 = 7 dan 2 x 3 + 1 ≠ 8
b. 4
x 7 + 2 = 30 dan 4 x 7 + 2 ≠ 36
c. 2
+ 5 x 4 = 22 dan 2 + 5 x 4 ≠ 28
d. 8
x 1 + 7 = 15 dan 8 x 1 + 7 ≠ 64
e. 4
+ 5 x 3 = 19 dan 4 + 5 x 3 ≠ 27
Manakah yang harus dikerjakan terlebih dahulu? Penjumlahan atau
perkalian?
Tuliskan aturannya!
2. Selesaikan kalimat matematika
berikut dengan jawaban yang benar!
a. 2
x 4 + 5 =
b. 4
x 5 + 3 =
c 2
+ 5 x 6 =
d 3
x 7 + 4 =
e 2
+ 5 x 8 =
3. Perhatikan kalimat matematika
berikut:
a. 2
x 3 - 1 = 5 dan 2 x 3 - 1 ≠
4
b. 10
- 2 x 4 = 2 dan 10 - 2 x 4 ≠
32
c. 4
x 5 - 5 = 15 dan 4 x 5 - 5 ≠
28
d. 10
- 3 x 2 = 4 dan 10 - 3 x 2 ≠
14
e. 3
x 6 - 5 = 13 dan 3 x 6 - 5 ≠
3
Manakah yang harus dikerjakan terlebih dahulu? Pengurangan atau
perkalian?
Tuliskan aturannya!
4. Selesaikan kalimat matematika
berikut dengan jawaban yang benar!
a. 2
x 4 - 5 =
b. 4
x 5 - 3 =
c. 6
x 2 - 5 =
d. 3
x 7 - 4 =
e. 8
x 2 - 5 =
|
||
Selesai mengerjakan latihan
siswa diajak ke perpustakaan
Seorang siswa mendapatkan
selembar kertas berisi gambar dari meja petugas perpustakaan dan menanyakan
kepada guru apa nama selembar kertas tersebut,
|
||
Siswa mendengarkan penjelasan guru :
Apa yang kamu ketahui tentang buklet? Yuk kita cari jawabannya!
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok,
Amati gambar berikut dan jawab pertanyaan bersama teman dalam
kelompokmu!
Guru mengajukan pertanyaan:
−− Apa
isi buklet tersebut? (informasi
mengenai sesuatu berupa gambar dan tulisan)
−− Bagaimana
kalimat dan gaya bahasa yang digunakan? (kalimat pendek, sederhana, dan mudah dipahami)
−− Bagaimana
kenampakan buklet tersebut? (gambar
dan warna menarik)
−− Siswa
diminta mengamati gambar dan menjawab pertanyaan dengan anggota kelomponya
−− Apa
manfaat buklet? (memberikan
informasi tentang suatu hal, dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami
pembaca)
|
||
Siswa berkreasi membuat buklet yang berisi informasi
tentang benda-benda elektronik yang mereka ketahui.
Siswa bisa menggunakan data hasil pengamatan
pada kegiatan pertama sebagai bahan informasi
membuat buklet mereka. (Penilaian no. 2) dengan langkah-langkah :
1. Ambillah selembar kertas.
2. Lipatlah menjadi tiga bagian.
3. Pilih tiga benda elektronik yang akan kamu cantumkan.
4. Gambar satu benda elektronik di setiap kolom, seperti pada
contoh tadi.
5. Lengkapilah bukletmu dengan informasi berikut:
a. Manfaat
benda.
b. Sumber
energi yang digunakan dan perubahan bentuk energi yang terjadi saat benda
bekerja.
c. Cara
aman menggunakan benda tersebut.
d. Pemeliharaan
benda tersebut sehingga akan tahan lama.
|
||
Konfirmasi
|
Siswa menjawab pertanyaan guru :
1. Apa saja yang telah kalian pelajari hari ini?
2. Apakah hal-hal tersebut berguna dalam kehidupan sehari-hari?
3. Bagaimana perasaanmu selama belajar?
4. Adakah hal lain yang ingin kalian ketahui? Sebutkan!
|
|
Penutup
|
Hikmah :
Kita tahu energi terbesar dari matahari,
siapakah yang menciptakan matahari ? semua tahu matahari adalah ciptaan allah. Matahari memberi manfaat untuk kita semua, allah menyayangi kita semua.
Proyek :
Lakukan pengamatan benda-benda elektronik yang ada di rumahmu,
bersama ayah atau ibu :
1. Tuliskan kegunaan benda-benda tersebut.
2. Tuliskan perubahan bentuk energi yang terjadi saat benda
bekerja.
3. Hitung total daya yang digunakan benda-benda elektronik
tersebut dalam satu hari.
|
G. Alat
dan sumber :
Alat
: Kertas ukuran HVS/A3, pinsil warna, spidol
warna, buklet
Sumber : Buku siswa tema 2, kelas 4, tematik
terpadu-kurikulum 2013
Buku guru tema 2, kelas 4, tematik
terpadu-kurikulum 2013
H. Penilaian
Surabaya,
19 September 2013
Mengetahui Guru
kelas 4
Kepala Sekolah
Mr. Motivator Mrs.
Smartina
Tidak ada komentar:
Posting Komentar