Pembelajaran berbasis proyek (PBP) merupakan model
pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai sarana pembelajaran untuk
mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.Penekanan pembelajaran
terletak pada aktivitas peserta didik untuk memecahkan masalah dengan
menerapkan keterampilan meneliti, menganalisis, membuat, sampai dengan
mempresentasikan produk pembelajaran
Sabtu, 26 April 2014
Jumat, 25 April 2014
Model Pembelajaran berbasis Masalah
Kurikulum 2013 menurut Permendikbud Nomor 81A Tahun
2013 tentang implementasi kurikulum, menganut pandangan dasar bahwa pengetahuan
tidak dapat dipindahkan begitu saja dari guru ke peserta didik. Peserta didik
adalah subjek yang memiliki kemampuan untuk secara aktif mencari, mengolah,
mengkonstruksi, dan menggunakan pengetahuan. Di dalam Pembelajaran Berbasis
Masalah (PBM)
PENDEKATAN SCIENTIFIC
PENGGUNAAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Dinas pendidikan kota Surabaya mengintruksikan untuk tahun pelajaran 2014-2015, semua sekolah SD,SMP,SMA dan SMK negeri dan swasta untuk menerapkan kurikulum 2013. Mewadahi dan mereduksi prediksi hambatan dalam implementasi kurikulum 2013 dilakukan pendampingan dan pelatihan untuk guru kelas 2 dan guru kelas 5, diharapkan nanti ditahun ajaran bapak dan ibu guru kelas 2 mengajar di kelas 1 sedang bapak dan ibu guru kelas 5
Rabu, 29 Januari 2014
PENDIDIKAN INKLUSIF
Pengertian.
Staub dan Peck (1995), dalam Sunardi, 2002) mengemukakan bahwa pendidikan inklusif adalah penempatan anak berkebutuhan khusus tingkat ringan, sedang dan berat secara penuh di kelas reguler. Hal ini menunjukkan bahwa kelas reguler merupakan tempat belajar yang relevan bagi anak berkebutuhan khusus, apapun jenis kelainannya dan bagaimanapun gradasinya. Sapon-shevin (O'Neil, 1995 : dalam Sunardi, 2002) menyatakan bahwa pendidikan inklusif sebagai sistem layanan pendidikan yang mempersyaratkan agar semua anak berkebutuhan khusus dilayani di sekolah-sekolah terdekat, di kelas reguler bersama-sama teman seusianya. Sekolah inklusif adalah sekolah yang menampung semua murid di
Selasa, 28 Januari 2014
MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI
Sejarah, Pengertian dan Implementasinya, dalam Perspektif Pendidikan Khusus
- Sejarah Pendidikan Inklusif
Senin, 27 Januari 2014
TUPOKSI KEPALA SEKOLAH
TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA SEKOLAH
A. MENYUSUN PROGRAM KERJA
- Merumuskan, menetapkan, dan mengembangkan visi sekolah.
- Merumuskan, menetapkan, dan mengembangkan misi sekolah.
- Merumuskan, menetapkan, dan mengembangkan tujuan sekolah.
- Membuat Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).
PARENTING DALAM PENDIDIKAN SEKOLAH INKLUSI
Anak merupakan amanah yang dianugerahkan kepada pasangan yang terpilih, mengapa.........karena tidak semua pasangan bisa memiliki anak atau keturunan, namun bila amanah yang kita terima tidak sesuai dengan harapan kita, diluar kemampuan memahami keindahan dan perbedaan setiap ciptaan NYA, bisa jadi terlihat berbalik dengan pemahaman pada umumnya. Rasa kecewa dan lain menjadi campur aduk di benak dan hati kita sebagai orang tua, dalam kenyataan merupakan suatu masalah besar bagi pasangan-2 atau keluarga tersebut.Namun tidak menutup kemungkinan dibalik yang tidak tampak tersebut tersimpan berlian yang memang memerlukan pengasahan yang cukup rumit. Begitu saya menganalogkan sebuah keluarga yang menerima amanah seorang anak yang berkebutuhan khusus.
Mari kita renungkan, bahwa setiap bocah adalah seniman, masalahnya tinggal cara mempertahankan agar ia tetap artis ketika sudah dewasa (pablo picasso).
Langganan:
Postingan (Atom)
-
GERAKAN KEPANDUAN HIZBUL WATHAN PENGHELA Tingkatan dalam kepanduan HW diusia 15-21 tahun atau setingkat SMA/SMK/MA adalah kepanduan HW P...
-
METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN ( DISCOVERY LEARNING ) Pada lampiran iv Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia...
-
KECAKAPAN DAN JENJANG KEPANDUAN Kegiatan pandu mengutamakan pembentukan karakter sebagai kader Muhammadiyah yang mumpuni, disamping ke...