Selasa, 11 Juni 2013

KESEHATAN REMAJA

MENJADI  REMAJA  SEHAT

untuk para remaja dimanapun kalian berada 
kalian adalah masa depan dan akan selalu menjadi masa depan

            Masa remaja adalah masa peralihan dari kanak-kanak menuju masa dewasa, menurut acuan WHO remaja adalah usia 12-14 tahun dan belum menikah. Sebagai remaja haruslah sehat dan bertanggung jawab
sebagaimana disebutkan:
a. sehat secara fisik, dimaksudkan adalah tidak tertular penyakit, tidak menyakiti atau merusak kesehatan orang lain.
b. sehat secara psikologis,dimaksudkan adalah percaya diri, mampu berkomunikasi, mampu mengambil keputusan dengan mempertimbangkan resiko dan siap menerima resikonya.
c. sehat secara sosial, adalah mampu mempertimbangkan nilai-nilai sosial yang ada di sekitarnya dan mampu menyesuaikan diri dengan nilai dan norma yang ada.

        Dalam masa peralihan, sangatlah penting bagi remaja untuk mengenal dengan baik perubahan yang terjadi pada tubuhnya.Pada masa remaja, pertumbuhan dan perkembangan terjadi sangat cepat,baik anatomis tubuh maupun psikis. Perubahan yang terjadi sangat individual, berbeda-beda pada setiap orang. Beberapa perubahaqn yang terjadi pada tubuh remaja, antara lain: pada wanita akan terjadi pembesaran payudara, pembentukan pinggul, tumbuhnya bulu-bulu halus,dan datangnya haid pertama. Sedangkan pada pria antara lain: tumbuhnya kotak suara (jakun), perubahan suara, dada menjadi bidang, otot-otot lengan dan tungkai mulai terbentuk, serta mengalami "mimpi basah".
           Banyak jenis penyakit dan gangguan pada tubuh yang disebabkan oleh kebiasaan salah sejak remaja, sehingga sukar diubah saat dewasa bahkan usia tua, contohnya pola makan yang tidak sehat, seperti terlalu banyak kandungan lemak atau junkfood, pola tidur yang tidak baik/begadang, serta kurang berolah raga. Tanpa disadari kebiasaan ini akan terbawa hingga dewasa dan berdampak serius, seperti penyakit jantung, ancaman stroke usia muda, dan sakit-sakitan.
           Remaja sebagai generasi penerus perlu menerapkan pola hidup sehat sedari dini, seperti mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang yang diperlukan untuk pertumbuhannya. Selain nutrisi yang baik, para remaja sebaiknya membiasakan diri pula berolah raga dan beristirahat yang cukup. Dengan tubuh yang bugar, remaja akan lebih siap menjalani hari-harinya. Hal-hal yang perlu kita pahami sebagai remaja adalah perlunya memperhatikan lingkaran kehidupan yang perlu keseimbangan, meliputi : kesehatan,pendidikan,kreativitas, ekstra kurikuler, kehidupan sosial, kepercayaan diri, hubungan dengan orang lain, kehidupan keluarga, waktu untuk menyendiri, aktifitas fisik.
Pemahaman lebih detil perkembangan dan perubahan yang terjadi pada remaja bisa diikuti pada  tulisan selanjutnya.



Tidak ada komentar:

obah ojo owah

 obah ojo owah tiga kata bahasa jawa tersirat berbagai makna. obah dimaksudkan bergerak. ojo bisa larangan, rambu2 waspada dan himbauan. owa...