Jumat, 30 Januari 2015

PESERTA DIDIK PANDU HIZBUL WATHAN

KECAKAPAN DAN JENJANG KEPANDUAN
Kegiatan pandu mengutamakan pembentukan karakter sebagai kader Muhammadiyah yang mumpuni, disamping kecakapan lain yang memberikan dukungan pencapaian kompetensi diri dan kemandirian individu seorang pandu, kemampuan tersebut diperlukan pengakuan dan penilaian sebagai kelayakan dan penghargaan, sehingga diperlukan adanya persyaratan yang harus dilalui dalam setiap jenjang, sebagaimana aturan yang telah diberlakukan sebagai berikut: 



1.      Syarat Kenaikan Tingkat (SKT)
a.        Pengertian     :    Syarat Kenaikan Tingkat disingkat SKT adalah persyaratan umum yang wajib dicapai peserta didik untuk memperoleh/mencapai Tanda Kenaikan Tingkat (TKT) tertentu
sesuai golongan dan tingkatannya, yang dipakai sebagai salah satu tolok ukur keberhasilan pembinaan peserta didik di Qabilah / Satuan.

b.       Tujuan           :    Agar peserta didik yang bersangkutan memiliki kemampuan dasar kepanduan dan rasa tanggung jawab terhadap keanggotaannya dalam Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan .

c.        Tingkatan      :    1)    SKT Athfal  ada 3 jenjang; melati satu, melati dua,melati tiga.
2)    SKT Pengenal ada 3 jenjang; purwa, madya, utama.
3)    SKT Penghela ada 2 jenjang; taruna melati satu, taruna melati dua
4)    SKT Penuntun  ada 1 jenjang SKU

d.       Usia                :    1)    Golongan Athfal 6 – 10 tahun
Peserta didik     2)    Golongan Pengenal 11 – 15 tahun
3)    Golongan Penghela 16 – 20 tahun
4)    Golongan Penuntun 21 – 25 tahun

2.      Syarat Kecakapan Pandu (SKP)
a.        Pengertian     :    Syarat Kecakapan Pandu disingkat SKP adalah persyaratan yang dipenuhi oleh anggota Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan dalam mencapai keterampilan teknis tertentu sehingga ia berhak memperoleh dan mengenakan TKP.

b.       Tujuan           :    Merangsang peserta didik untuk dapat mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki agar memperoleh keterampilan Pandu secara khusus guna meningkatkan kualitasnya.

c.        Tingkatan      :    1)    Pandu Athfal hanya 1 jenjang SKP
2)    Pandu Pengenal hanya 1 jenjang SKP.
3)    Pandu Penghela hanya 1 jenjang SKP .
4)    Pandu Penuntun hanya ada 1 jenjang SKP.

3.      Syarat Pandu  Teladan  (SPT)     
a.        Pengertian     :    Syarat Pandu Hizbul Wathan Teladan disingkat SPT adalah persyaratan yang dipenuhi oleh seorang pandu HW setelah menyelesaikan jenjang-jenjang SKT nya yang menunjukkan prestasi dengan kualifikasi tertinggi untuk golongannya, sehingga ia berhak memiliki dan mengenakan Tanda Kecakapan Pandu Teladan .

b.       Tujuan           :    Merangsang dan mendorong peserta didik agar senantiasa berusaha terus-menerus dan bersunguh-sungguh mengamalkan Janji Pandu HW  dan Sepuluh Undang Undang HW dan melatih dirinya sehingga dapat menjadi teladan bagi dan anak-anak/pemuda lainnya.

c.        Syarat             :    Syarat Pandu HW Teladan ada 4, yaitu:
1.        SPT untuk Pandu Athfal
2.        SPT untuk Pandu pengenal
3.        SPT untuk Pandu Penghela
4.        SPT untuk Pandu Penuntun
d.       Pandu Hizbul Wathan  Teladan ada 4 macam, yaitu:
1.        Pandu Hizbul Wathan Athfal Teladan
2.        Pandu Hizbul Wathan Pengenal Teladan
3.        Pandu Hizbul Wathan Penghela Teladan
4.        Pandu Hizbul Wathan Penuntun  Teladan

obah ojo owah

 obah ojo owah tiga kata bahasa jawa tersirat berbagai makna. obah dimaksudkan bergerak. ojo bisa larangan, rambu2 waspada dan himbauan. owa...