Sabtu, 28 September 2013

PUJIAN TULUS

PUJIAN TULUS ITU REWARD YANG MANIS
Tips Alan Yip,pakar tumbuh kembang dari singapura
memberikan tip bagaimana ortu berperan membentuk kepribadian anak yang baik.
Sikap memanjakan anak, berkaitan dengan motivasi, ini berhubungan dengan tujuan, bagaimana anak bisa memiliki tujuan dan motivasi yang tinggi, jika semua kebutuhan hidupnya disediakan dengan mudah dengan
menuruti semua keinginannya.
Bagaimana seharusnya memfasilitasi anak secara bijaksana?
orang tua harus cerdas, mampu memilah mana yang perlu dia berikan atau mana yang tidak untuk anak.Orang tua juga perlu mampu mengemas pemberian itu dengan beragam trik. Misalnya memberi reward jika anaknya membuat prestasi yang membanggakan.Dengan demikian dia akan terpacu. Reward itu tidak berarti barang. Pujian tulus juga bisa menjadi reward yang manis.
Bagaimana membentuk pribadi anak agar bagus buat masa depan ?
Setiap orang tua juga memiliki pemikiran yang sama.Ekspektasi untuk memiliki anak sesuai harapan adalah hal yang wajar, realitis, dan penting. Kalau kita berharap anak menjadi sosok yang baik, tentu dia akan baik. Begitu juga sebaliknya. Caranya adalah terus mendukung minat dan bakatnya. Orang tua jangan egois, memaksakan kehendak untuk harus dituruti seratus persen.
Mengapa egoisme orangtua harus dihindari ?
Anak harus tetap memiliki kreatifitas selama itu masih dalam tataran positif. Yang tidak kalah penting ialah
 support anak-anak kita dengan hal-hal positif juga. Seorang anak yang memiliki kemampuan standar jika disupport hal-hal positif, percayalah dia akan tumbuh menjadi orang yang luar biasa.
Seperti apa ?
Riset membuktikan ada sekelompok murid yang dipilih secara acak pada awal tahun pelajaran, nah saat pemilihan itu sudah dibicarakan bahwa  mereka adalah kelompok orang-orang hebat. itu akhirnya terbukti pada akhir tahun pelajaran yang memiliki nilai - nilai terbaik ya berasal dari kelompok tersebut.
Orang tua sering mengeluh anak kecanduan game.
Saya sependapat game memang memberikan dampak positif. Terutama mengenalkan teknologi pada buah hati, sepanjang masih dalam tahap wajar, itu akan menimbulkan jiwa kreatif. Namun yang salah adalah anak-anak itu sudah kecanduan game. Tiada hari tanpa bermain game, itu salah besar.
Bagaimana orangtua bersikap ?
Orangtua yang baik dan bijak harus memberikan waktu khusus. Membagi waktu yang baik, misalnya main game saat weekend atau saat anak sedang libur. Tetapi tentu juga jangan seharian penuh. Ijinkan mereka bermain, terutama game komputer atau elektronik saat mereka sudah mengerjakan PR itupun waktunya  dibatasi, hanya boleh sekian jam misalnya.
Jika anak-anak mulai kenal pornografi.
Ini juga satu permasalahan yang sering dihadapi orangtua masa kini. Arus informasi sedemikian mudah didapatkan. Kalau memang ada anak kita yang seperti itu, tentu diperlukan perlakuan khusus. Jangan langsung marah karena membuat tekanan pada psikologisnya. Yang terbaik adalah ajak dia duduk berdua dan ngomong dari hati ke hati. Jelaskan bahwa yang dia lakukan itu membuat anda sebagai orangtua malu dan sedih. Jelaskan pula ada masanya seorang manusia itu pantas untuk melihat hal tersebut.

Tidak ada komentar:

obah ojo owah

 obah ojo owah tiga kata bahasa jawa tersirat berbagai makna. obah dimaksudkan bergerak. ojo bisa larangan, rambu2 waspada dan himbauan. owa...