Senin, 29 Juni 2015

MEMBANGUN SEKOLAHNYA MANUSIA, SEKOLAH BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE

SEKOLAHNYA MANUSIA, 
Sebuah judul buku best seller yang di tulis oleh pakar pendidikan bapak Munif Chatib
Buku tersebut bisa merupakan panduan teknis dalam mengaplikasikan sebuah proses pendidikan yang memanusiakan manusia, mewadahi sementara ini ada 8 kecerdasan yang dimilki oleh setiap individu yang terlahir di dunia. Hal ini oleh Howard gardner ditandai sebagai kecerdasan majemuk atau Multiple intelligent, bisa jadi dalam kurun waktu kedepan ditemukan kecerdasan-kecerdasan yang saat ini memang belum muncul di permukaan atau belum dipopulerkan, sebut saja ditemukan. Allah maha besar yang memiliki seluruh alam dan dunia ini, dengan kebesaran dan kasih sayangNya manusia di beri akal yang merupakan anugerah yang tidak diberikan kepada selain manusia.

Sekolahnya manusia sebuah sebutan kewajaran dan sebenarnya hanya karena kebiasaan dan kedekatan yang kita dengar dan kita baca. Sebuah sekolah misalnya dengan branding “MeSRA” (Menjadi Sekolah Ramah Anak) bisa menggunakan branding  SEKOLAHNYA MANUSIA, dengan konsultan bapak Munif Chatib, berkomitmen dalam menjalankan amanah sebuah amal usaha dengan mengedepankan PROSES /the best proses, mewadahi semua kecerdasan yang dimiliki peserta didik. Hal ini memang tidak semudah membalikkan tangan, diperlukan komitmen yang tinggi, kerja keras, keikhlasan dan positif thiking. Sebuah kesuksesan dimanapun dan siapapun yang mengalaminya pastilah mengatakan perlu kerja keras ,kesabaran, komitmen tinggi  dll bahkan ada yang mengumpamakan haruslah berdarah-darah itu artinya perlu perjuangan yang tidak mudah.
Sebuah sekolah untuk membangun branding baru,  bertekad membangun amal usaha dengan branding SEKOLAHNYA MANUSIA tentu juga diperlukan dukungan semua warga sekolah, pimpinan, pengelola, pemilik dan jajarannya. Pimpinan  dan masyarakat warga masyarakat Khususnya, serta Pimpinan di tingkat Daerah, Wilayah dan Pusat. Jika semua unsur telah berkontribusi dalam dukungan positif apapun, insyaallah the best proses SEKOLAHNYA MANUSIA akan begitu terasa ringan dijalaninya.
Dukungan semua lini pimpinan  telah kami rasakan dengan memberikan penilaian sebagai INSPIRING SCHOOL, sekolah yang memberi inspirasi.
Akriditasi merupakan penilaian sekolah di semua lini yang tercantum  dalam 8 standar Nasional Pendidikan yang dilakukan oleh TIM asesor dari Badan Akriditasi Nasional juga turut andil dalam acuan dan panduan untuk membangun sekolah dalam kesesuaian tataran dan standar sebuah sekolah. Kerjasama semua warga SEKOLAHNYA MANUSIA  perlu berjuang dan berkomitment tinggi untuk mencapai penilaian akriditasi “A”, tingkat penilaian tertinggi yang menjadi harapan setiap sekolah, sehingga kepercayaan masyarakat akan semakin yakin akan proses pendidikan yang di jalankan lembaga tersebut.
Perjuangan yang tak henti-henti dalam upaya menyelaraskan dengan perkembangan dunia pendidikan dewasa ini tentu memerlukan kesabaran,keuletan, bagaimana dengan warga SEKOLAHNYA MANUSIA  menyikapi dan mengaplikasikannya ??? 
MeSRA………..Mantaaaaap
Salam MeSRA :      Kerjasama
                                Hormat
                                Disiplin
                                Atusias

              
BRANDING  BUTUH KOMITMEN
Awal tahun pelajaran merupakan tahun  mengawali upaya menyamakan persepsi tentang SEKOLAHNYA MANUSIA, seluruh warga sekolah : guru, tenaga administrasi, keuangan, security, kebersihan semua duduk bersama belajar dan memahami tentang apa itu sekolahnya manusia, pimpinan, dan semua unsur terkait yang merupakan pengelola amal usaha pendidikan perlu memahami branding yang akan kita gunakan.
Begitu antusias dan menggembirakan, semangat berkobar menyambut perubahan dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan berbagai strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa. Dalam kurun waktu satu semester berjalan, sungguh luar biasa, kami sudah mendapatkan guru-guru yang mumpuni sehingga di akhir semester gasal kami memberikan reward kepada guru yang berprestasi, yang begitu memahmi dengan cepat dan mengaplikasikan dengan apik strategi-strategi pembelajaran yang telah dipelajari tersebut. Guru berprestasi mendapat reward sebagai  the best teacher,  dalam SISTEM yang diterapkan di SEKOLAHNYA MANUSIA kami mengenal GUARDIAN ANGEL (GA) yaitu guru pendamping yang juga memantau, mengevaluasi pelaksanaan proses belajar mengajar guru –guru serumpun, disamping juga dilaksanakan supervisi oleh kepala sekolah. Penghargaan juga diberikan kepada the best GA,disamping sukses dalam proses pembelajaran mapel yang diampu juga sukses memberikan pendampingan guru binanya. Memang tidak semua guru bisa semua piawai  dan tidak semua GA juga bisa piawai, ada juga yang seharusnya memberikan keteladanan justru malah kedodoran dengan tugasnya sendiri, hal ini bisa saja terjadi karena dalam pelaksanaan SISTEM untuk menjadikan  sekolahnya manusia yang terpenting adalah kedisiplinan dan pantang menunda-nunda tugas, siap dengan perubahan, banyak hal yang perlu kita persiapkan sebelum kita bertemu dengan siswa dalam proses belajar mengajar, namun sebenarnya semua itu adalah suatu hal kewajaran dan kewajiban sebagai seorang guru sebelum mengajar berkewajiban mempersiapkan segala sesuatunya sebelum berhadapan dengan siswa jika ingin meraih sukses, baik sukses siswa menjadi paham apa yang disampaikan ataupun sukses keprofesiannya.
Guru dalam proses pendidikan di sekolahnya manusia menjalani pelatihan tiga hari setiap bulan , ini semua merupakan upaya sekolah meningkatkan sumber daya manusia dengan tujuan memberikan dukungan terhadap kinerja yang professional, sehingga mampu dan berdaya saing di kancah dunia pendidikan. Syarat mendasar guru professional jika seorang guru bersedia untuk selalu belajar, secara teratur membuat rencana pembelajaran sebelum mengajar, bersedia di observasi, selalu tertantang untuk meningkatkan kreativitas dan memiliki karakter yang baik.
Makin sering sebuah sekolah mengadakan pelatihan guru, makin berkualitaslah sekolah itu, itulah pengertian sekolah unggul yang benar, demikian pendapat seorang pakar pendidikan berbasis Multiple Intelligence yang juga sebagai konsultan pendidikan SEKOLAHNYA MANUSIA. . Berpijak pada syarat dasar seorang guru yang professional maka jika belum bisa menjalankannya maka belumlah bisa kita disebut guru professional. Masih banyak para guru yang merasakan berat menjalaninya namun semua itu kembali lagi kepada niat, komitmen dan pembiasaan guru tersebut. Bagaimana dengan guru-guru saat ini, apakah semuanya dengan mudah menjalani dan komitmen….????? Berbagai dinamika dan problema bermunculan, apa dan bagaimana sejatinya. Maka diperlukan pemahaman hal-hal penting terkait manajemen proses pelaksanaan Sekolahnya Manusia.




Tidak ada komentar:

obah ojo owah

 obah ojo owah tiga kata bahasa jawa tersirat berbagai makna. obah dimaksudkan bergerak. ojo bisa larangan, rambu2 waspada dan himbauan. owa...