PELAKSANAAN PENILAIAN 
DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
DI SEKOLAH DASAR
DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
DI SEKOLAH DASAR
Kegiatan pembelajaran sepenuhnya diarahkan pada pengembangan
ketiga aspek yaitu aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara
utuh/holistik, artinya pengembangan aspek yang satu tidak bisa dipisahkan
dengan aspek lainnya. Dengan demikian pada saat melakukan proses pembelajaran
dengan kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi/mencoba, mengasosiasi, dan
mengomunikasikan, pendidik 
harus melakukan penilaian proses untuk melihat
perkembangan dari ketiga aspek tersebut. Untuk membantu guru dalam melakukan
penilaian di kelas, diperlukan panduan teknis penilaian tematik di sekolah
dasar.
Proses penilaian
dalam pembelajaran tersebut dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu dimulai dari
perencanaan, pelaksanaan penilaian dan pengambilan keputusan hasil penilaian.Pembahasan dalam  buku ini dimulai dengan pemberian contoh RPP,
contoh instrumen dan rubrik penilaian yang sesuai dengan kegiatan dalam
pembelajaran tersebut, analisis hasil pembelajaran, dan pelaporan hasil
belajar.
Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh,
menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta
didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi
informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Penilaian pembelajaran
tematik diawali dengan penyusunan RPP tematik.
1. Sekolah                           :
   SD …..
2. Kelas/Semester               :    I
/ 1
3. Tema                              :    1. Diriku 
4. Sub Tema                       :    1.1. Aku dan teman baru
5. Pembelajaran                  :    2
6. Alokasi  Waktu               :
   1 hari (6 x 35 menit) 
A.   KOMPETENSI INTI
1.   
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
2.   
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru
3.   
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.   
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.4.    Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan
keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
INDIKATOR
3.4.1   Mengidentifikasi
nama teman
4.4.    Menyampaikan
teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
Indikator:
4.4.1.  
Menyebutkan identitas teman
Matematika
3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan
menggunakan bendabenda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
Indikator
3.1.1.  Menghitung
banyak benda 1-5
3.1.2.  Menunjukkan
benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan
PPKn
 4.2.
Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
Indikator
4.2.1.  Menjalankan
peraturan pada permainan di sekolah
C.   TUJUAN  PEMBELAJARAN       
      1.    Dengan melakukan permainan, siswa dapat mengidentifikasi nama
teman baru dengan tepat.
2.    Setelah melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama
temannya Dengan benar.
3.    Setelah mengikuti
permainan, siswa dapat mengenalkonsep bilangan 1-5 dengan tepat.
4.    Dengan melakukan
permainan siswa dapat mengenallambang bilangan dengan benar.
D.   MATERI PEMBELAJARA
1.   
Mengenal konsep bilangan 1
- 5
2.    Mengenal lambang bilangan 
3.    Mengidentifikasi dan menyebut nama teman
E.    METODE PEMBELAJARAN
·        
Pendekatan           :
saintifik
·        
Model                  : model problem based learning
F.    MEDIA, ALAT &
SUMBER BELAJAR
      1.    Buku panduan guru, halaman 8 – 11. 
2.   
Buku siswa, halaman 5 -7
3.   
Potongan kertas bertuliskan bilangan atau
kartu bilangan.
A.   LANGKAH-LANGKAH 
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Jenis 
 | 
   
Uraian 
 | 
   
Waktu 
 | 
  
Sesi
  1 
Pendahuluan 
 | 
  
1.    Guru memberi salam 
2.    Berdoa yang dipimpin salah seorang siswa 
3.    Apersepsi: 
Guru
  menyampaikan garis besar pembelajaran 
  hari ini, yaitu “mengenal bilangan dan belajar berhitung melalui
  kegiatan permainan”. 
 | 
  
15 menit 
 | 
 
Inti 
Sesi
  dua 
 | 
  
1.    Guru menulis angka dipapan dan siswa mengamati 
2.    Siswa maju
  secara acak untuk membilang angka yang ditunjuk guru 
3.   
  Guru menempelkan kertas
  bertuliskan angka  1-5 di beberapa
  bagian kelas. Misalnya, angka 1 ditempel di satu sudut kelas. Angka 2
  ditempel di papan tulis. 
4.   
  Satu siswa diminta untuk
  berdiri di dekat angka 1, 
dua siswa
  diminta berdiri di dekat angka 2 demikian 
seterusnya
  sampai di angka 5 dengan lima orang 
siswa. 
5.   
  Siswa diminta kembali ke
  tempat semula. 
6.   
  Kegiatan ini
  diulang-ulang sehingga seluruh anak   
  paham konsep bilangan. 
7.   
  Guru menghitung sampai
  angka 5 dan meminta   siswa untuk
  menuju ke sudut-sudut angka tersebut. 
8.   
  Jumlah siswa di setiap
  sudut harus sesuai dengan    angka yang
  tertera. Misalnya,pada sudut dengan angka 1, hanya ada satu siswa di sana.
  Begitu juga dengan angka yang lainnya. 
9.   
  Guru mengulang kegiatan
  sampai siswa paham mengenai banyak benda dan lambang bilangan 1-5. 
10.
  Guru melakukan refleksi
  kegiatan dengan cara meminta siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya. 
11.
  Siswa berlatih
  memasangkan lambang bilangan 1-5 dengan jumlah bilangan dibuku siswa. 
12.
  Siswa menyampaikan hasil
  berlatihnya, semstara siswa yang lain memberi komentar 
1.    
  Guru mengajak siswa untuk
  mengenal temannya 
dengan bermain
  mengenal teman baru. 
2.   
  Siswa berkumpul membuat
  kelompok masing-masing 5 orang. 
3.   
  Siswa akan berbagi informasi
  mengenai nama panggilan dan nama lengkap. 
4.   
  Setiap siswa akan
  menyebutkan identitas teman yang duduk di sebelahnya. Lalu, setiap kelompok
  membentuk lingkaran. Masing-masing kelompok mengundi siapa yang mendapat
  giliran pertamamengenalkan nama lengkap teman di sebelahnya. 
5.   
  Siswa yang mendapat
  giliran pertama bertugas menyebutkan identitas teman yang duduk di sebelah
  kanannya. Siswa kedua bertugas menyebutkan identitas teman berikutnya. 
6.   
  Teman lain mengamati dan
  membantu mengoreksi jika ada informasi yang tidak sesuai. 
7.   
  Kegiatan diulang sampai
  semua mendapat giliran. 
8.   
  Guru membuat tabel yang
  berisi nama lengkap dan nama panggilan. 
9.   
  Siswa diminta menyebutkan
  nama lengkap dan nama panggilan teman  
10.
  Guru menuliskan nama-nama
  siswa yang memiliki nama lengkap dan nama panggilan yang sama dalam satu
  kelompok. 
11.
  Setelah semua terdata,
  guru mengajak siswa memperhatikan nama-nama siswa dalam setiap kelompoknya. 
 | 
  
35 menit 
35 menit 
70 menit 
35 menit 
 | 
 
Penutup 
 | 
  
1.  
  Setelah selesai, guru
  bersama siswa menyimpulkan  bahwa
  hampir semua anak mempunyai nama lengkap dan nama panggilan dan semua nama
  bagus. Maka kita tidak boleh mengejek nama siapapun. 
2.    Guru memberi salam dan memberi pesan untuk belajar      dirumah. 
 | 
  
20  menit 
 | 
 
H. PENILAIAN 
Teknik penilaian :
              a.   
Penilaian sikap sosial (KI.2)
~ Pengamatan / observasi (saat
bermain angka)
- Penilaian pengetahuan (KI.3)
 
~ Penugasan (saat berlatih
memasangkan lambang bilangan di buku siswa)
- Penilaian keterampilan (KI.4)
 
~ Unjuk kerja (saat bermain
mengidentifikasi nama teman)
Jakarta, 12 September 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                     Guru Kelas I
_____________________                                        _____________________
NIP.                                                                   NIP .
Teknis dan jenis penilaian disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran. Misalkan pada pembelajaran di atas, teknik dan jenis penilaiannya
antara lain: observasi/pengamatan, 
penugasan,  dan unjuk kerja.  Contoh instrumen penilaian untuk jenis
penilaian tersebut sebagai berikut.
1.  
LEMBAR PENILAIAN
a.    Lembar Penilaian 
Observasi atau Pengamatan
Instrumen penilaian sikap sosial (KI.2) /
pengamatan :
Tema                :
Diriku
Indikator        : ~ Menjalankan peraturan pada permainan
disekolah
                             ~ Mengidentifikasi
nama teman
                             ~ Menyebutkan identitas teman
Nama 
 | 
  
Percaya diri 
 | 
  
Disiplin 
 | 
  
Bekerja sama 
 | 
 |||||||||
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
 |
Egalita 
 | 
  
√ 
 | 
  
√ 
 | 
  
√ 
 | 
  |||||||||
Panji 
 | 
  
√ 
 | 
  
√ 
 | 
  
√ 
 | 
  |||||||||
Keterangan :
·        
Rubrik :
Perilaku 
 | 
   
4 
 | 
   
3 
 | 
   
2 
 | 
   
1 
 | 
  
Percaya diri 
 | 
  
Tidak
  terlihat ragu-ragu 
 | 
  
Terlihat
  ragu-ragu 
 | 
  
Memerlukan
  bantuan guru 
 | 
  
Belum
  menunjukkan kepercayaan diri 
 | 
 
Disiplin 
 | 
  
Mampu
  menjalankan aturan dengan kesadaran sendiri 
 | 
  
Mampu
  menjalankan aturan dengan pengarahan guru 
 | 
  
Kurang
  mampu menjalankan aturan 
 | 
  
Belum
  mampu menjalankan aturan 
 | 
 
Bekerja sama 
 | 
  
Selalu
  dapat menunjukkan sikap bekerja sama  
 | 
  
Sering
  dapat menunjukkan sikap bekerja sama 
 | 
  
Kadang2
  menunjukkan sikap bekerja sama 
 | 
  
Belum
  bisa bekerja sama 
 | 
 
·        
Nilai skala pada
masing-masing aspek (percaya diri, disiplin, bekerja keras), akan dimasukkan
dalam rekap nilai sikap sosial per tema dalam satu semester
a.    Lembar Penilaian Penugasan
Instrumen penilaian
pengetahuan (KI.3) / penugasan :
Tema               :
   Diriku
Muatan            :    Matematika
KD                  :    3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakanbenda
benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau  tempat  bermain
Indikator        :    ~   menghitung banyak benda 1 – 5
                                           ~ menunjukkan benda sesuai dengan bilangan
yang ditentukan
Nama
  siswa 
 | 
  
Nilai 
 | 
  
Rata2 
Nilai 
 | 
 ||||||||
Tes
  tulis 
 | 
  
Tes
  lisan 
 | 
  
Penugasan 
 | 
 ||||||||
Tulis1 
 | 
  
Tulis2 
 | 
  
Tulis3 
 | 
  
Lisan1 
 | 
  
Lisan2 
 | 
  
Lisan3 
 | 
  
Tugas1 
KD 3.1 
 | 
  
Tugas2 
 | 
  
Tugas4 
 | 
 ||
Egalita 
 | 
  
3/75 
 | 
  |||||||||
Panji 
 | 
  
2/50 
 | 
  |||||||||
Rubrik (KD.3.1) :
·       
Mengenal konsep dan lambang
bil.dengan benar (semua benar) = 4 (100)
·       
Mengenal konsep dan lambang
bil.(ada 1-2 yg salah) = 3 (75)
·       
Mengenal konsep dan lambang
bil.(ada 3-5 yg salah) = 2 (50)
·       
Mengenal konsep dan lambang
bil.(lebih dari 5 yg salah) = 1 (25)
Keterangan :
·       
Nilai = skor perolehan
dibagi skor maksimal kali 100, contoh nilai egalita = 3 : 4 x 100 = 75
·       
Nilai pengetahuan pada
setiap pembelajaran akan dimasukkan dalam rekap nilai pengetahuan (sesuai
mapel/muatannya) per tema dalam satu semester 
b.   Lembar Penilaian Unjuk kerja
Instrumen penilaian keterampilan
(KI.4) / unjuk kerja :
Tema            :
   Diriku
Muatan         :    Bahasa Indonesia 
KD               : 4.4. Menyampaikan teks
cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yangdapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator      :    ~ Mengidentifikasi
nama teman
                               ~
Menyebutkan identitas teman
                               ~
Melaksanakan peraturan permainan disekolah
Nama siswa 
 | 
  
Tema-1 
 | 
  
Nilai akhir / predikat 
 | 
  ||||||||||||||||
Produk 
 | 
  
Proyek 
 | 
  
Porto folio 
 | 
  
Unjuk kerja 
 | 
  |||||||||||||||
Egalita 
 | 
  
4/100 
 | 
  |||||||||||||||||
Panji 
 | 
  
3/75 
 | 
  |||||||||||||||||
Rubrik (KD.4.4) :
·        
Siswa mampu menyebutkan
identitas dari 4 atau lebih temannya.= 4 (100)
·        
Siswa mampu menyebutkan
identitas dari 3 temannya.= 3 (75)
·        
Siswa mampu meyebutkan
identitas dari 2 temannya.= 2 (50)
·        
Siswa mampu menyebutkan
identitas dari 1 temannya.= 1 (25)
Keterangan :
·        
Nilai = skor perolehan
dibagi skor maximal kali 100, contoh nilai egalita = 4 : 4 x 100 = 100
·        
Nilai keterampilan pada
setiap pembelajaran akan dimasukkan dalam rekap nilai keterampilan (sesuai
mapel/muatannya) per tema dalam satu semester
·        
Untuk sub tema lain, teknik
dan jenis penilaiannya yang digunakan disesuaikan dengan kegiatan
pembelajarannya.
1.  
PENGOLAHAN NILAI  
a.    Pengolahan Penilaian aspek  Sikap 
Penilaian sikap dilakukan
melalui kegiatan observasi, penilaian diri, penilaian antarteman, dan jurnal
catatan guru.
Observasi
Instrumen penilaian sikap sosial
(KI.2) 
Tema                              :    Diriku
Indikator                         :    ~  Menjalankan
peraturan pada permainan disekolah
                                        ~ Mengidentifikasi nama teman
                                        ~
Menyebutkan identitas teman
Nama 
 | 
  
Percaya diri 
 | 
  
Disiplin 
 | 
  
Bekerja sama 
 | 
 |||||||||
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
 |
Egalita 
 | 
  
√ 
 | 
  
√ 
 | 
  
√ 
 | 
  |||||||||
Panji 
 | 
  
√ 
 | 
  
√ 
 | 
  
√ 
 | 
  |||||||||
Keterangan :
·        
Berilah dengan “chechlist”
atau “V” pada kolom yang sesuai.
·        
Nilai skala pada
masing-masing aspek (percaya diri, disiplin, bekerja keras), akan dimasukkan
dalam rekap nilai sikap social per tema dalam satu semester
         REKAP HASIL
OBSERVASI SIKAP SOSIAL SEMESTER-1
Keterangan :
      1.    Rekapitulasi hasil observasi sikap, diperoleh dari observasi
terkait dengan sikap sosial dari tema 1 s.d tema 4 yang telah dibuat pada
rubrik dari tiap-tiap tema.
2.   
Kolom deskripsi diisi
kecenderungan yang menunjukkan sikap yang menonjol dan hal-hal yang masih
diperlukan bimbingan. 
Contoh
Deskripsi yang disiapkan untuk mengisi buku rapor.
Egalita: 
Menunjukkan
sikap santun dan percayadiri sangat menonjol, namunmasih perlu usaha-usaha dan
bimbingan dalam hal kerjasama.
Panji: 
Menunjukkan
sikap teliti dan santun baik, namun masih perlu usaha-usaha dan bimbingan dalam
hal menumbuhkan sikap percaya diri, disiplin, dan bekerjasama .
b.   Pengolahan Penilaian aspek 
Pengetahuan
Dalam satu
semester diambil dari :
a.     
Nilai ulangan
harian
            b.    
Nilai UTS
            c.     
Nilai UAS
Nilai Ulangan Harian :
Ulangan harian dilaksanakan
setiap akhir dari sub tema (PBM-6/seminggu sekali). Waktu bisa ditentukan oleh
guru masing-masing.Sehingga dalam satu semester guru melakukan ulangan harian
sebanyak 16 kali. Ulangan harian dapat dilaksanakan melalui :
·        
Tes tulis
·        
Tes lisan
·        
Penugasan (PR atau Proyek)
Materi dalam ulangan harian meliputi seluruh muatan yang
telah diajarkan dalam satu minggu.
Langkah-langkahdalam melakukan ulangan harian:
1.    Membuat kisi-kisi soal (untuk menentukan
materi, jenis soal dan bobot soal)
2.    Membuat soal (disesuaikan dengan kisi-kisi yang
telah dibuat)
3.    Melakukan ulangan harian
4.    Koreksi dan analisis hasil ulangan (untuk
mengetahui ketuntasan belajar siswa, perlu dan tidaknya diadakan remedial serta
untuk memberikan pengayaan)
Contoh langkah 1 (pembuatan
kisi-kisi) :
Kegiatan                                 : Ulangan
harian   
Kelas/semester                        : I/1
Tema                                       : 1. Diriku
Sub tema                                  : 1.1 Aku dan
teman baru 
Pembelajaran                            : 
NO 
 | 
   
KOMPETENSI DASAR 
 | 
   
MUATAN 
MAPEL 
 | 
   
MATERI 
 | 
   
INDKATOR SOAL 
 | 
   
NO SOAL 
 | 
   
JENIS SOAL 
 | 
  
1 
 | 
  
3.4. Mengenal teks cerita
  diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman
  dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
  bahasa daerah untuk membantu pemahaman  
 | 
  
BI 
 | 
  
Mengidentifikasi jenis kelamin 
 | 
  
Disajikan gambar, siswa
  dapat  mengidentifikasi jenis kelamin 
 | 
  
1 
 | 
  
Subyektif
  tes /  C1 
 | 
 
2 
 | 
  
3.4. Mengenal teks cerita
  diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman
  dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
  bahasa daerah untuk membantu pemahaman  
 | 
  
BI 
 | 
  
Menyebut identitas teman 
 | 
  
Disajikan pernyataan, siswa
  dapat menyebut identitas teman 
 | 
  
2 
 | 
  
Subyektif
  tes /  C3 
 | 
 
3 
 | 
  
a.      Mengenal teks diskriptif tentang anggota tubuh
  dan panca indera wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam
  dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
  dapat diisi dg kosa kata bhs. Daerah untuk membantu pemahaman  
 | 
  
BI 
 | 
  
Menyusun huruf menjadi nama  
 | 
  
Disajikan pernyataan, siswa
  dapat menyusun huruf menjadi namanya 
 | 
  
3 
 | 
  
subyektif / C1 
 | 
 
4 
 | 
  
1.1.   Mengenal teks diskriptif tentang anggota tubuh
  dan panca indera wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam
  dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
  dapat diisi dengan kosa kata bhs. Daerah untuk membantu pemahaman  
 | 
  
BI 
 | 
  
Menulis jenis kelamin 
 | 
  
Disajikan gambar, siswa dapat
  melengkapi tulisan menjadi nama jenis kelamin 
 | 
  
43 
 | 
  
Subyektif tes / C1 
 | 
 
5 
 | 
  
4.2. Melaksanakan tata tertib
  di 
rumah dan sekolah  
 | 
  
PPKN 
 | 
  
Mengikuti aturan dalam kegiatan
  di 
Sekolah 
 | 
  
Disajikan pernyataan, siswa
  dapat berpendapat terhadap pernyataan tsb 
 | 
  
5 
 | 
  
Subyektif tes / C4 
 | 
 
6 
 | 
  
4.2. Melaksanakan tata tertib
  di 
rumah dan sekolah  
 | 
  
PPKN 
 | 
  
Mengikuti aturan dalam kegiatan
  di 
Sekolah 
 | 
  
Disajikan pernyataan, siswa
  dapat berpendapat terhadap pernyataan tsb 
 | 
  
6 
 | 
  
Subyektif tes / C1 
 | 
 
7 
 | 
  
a.      Mengenal bilangan asli sampai 99 dg menggunakan
  benda2 yg ada disekitar rumah, sekolah atau tempat bermain  
 | 
  
MTK 
 | 
  
Menyebutkan berapa banyak benda 
 | 
  
Disajikan gambar siswa dapat
  menunjukkan gambar yang paling banyak 
 | 
  
7 
 | 
  
Subyektif tes / C2 
 | 
 
8 
 | 
  
c.     Mengenal bilangan asli sampai 99 dg menggunakan
  benda2 yg ada disekitar rumah, sekolah atau tempat bermain  
 | 
  
MTK 
 | 
  
Menuliskan lambang bilangan yg
  sesuai dg banyak benda 
 | 
  
Disajikan gambar siswa dapat
  menghitung jumlah banyak benda 
 | 
  
8 
 | 
  
Subyektif tes / C3 
 | 
 
9 
 | 
  
3.1.   Mengenal bilangan asli sampai 99 dg menggunakan
  benda2 yg ada disekitar rumah, sekolah atau tempat bermain  
 | 
  
MTK 
 | 
  
Menunjukkan banyak benda sesuai
  lambang bil yg ditentukan  
 | 
  
Disajikan pernyataan, siswa
  dapat menghitung jumlah banyak benda 
 | 
  
9 
 | 
  
Subyektif tes / C3 
 | 
 
10 
 | 
  
3.1.   Mengenal bilangan asli sampai 99 dg menggunakan
  benda2 yg ada disekitar rumah, sekolah atau tempat bermain  
 | 
  
MTK 
 | 
  
Menuliskan lambang bilangan yg
  sesuai dengan banyak benda 
 | 
  
Disajikan gambar, siswa dapat
  menulis urutan angka secara benar 
 | 
  
10 
 | 
  
Subyektif tes / C1 
 | 
 
Contoh langkah 2 (pembuatan soal
berdasar kisi-kisi) :
Keterangan :
·        
Langkah 3 (pelaksanaan ulangan harian :
seminggu sekali / setiap akhir sub tema / PBM-6).
Contoh langkah 4 (analisis hasil ulangan) :
Nama 
 | 
  
No. soal 
(jenis
  soal : Uraian / subyektif tes) 
 | 
  
Total
  skor 
 | 
  
Ketuntasan 
(nilai) 
 | 
  
Keterangan 
 | 
 ||||||||||
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
5 
 | 
  
6 
 | 
  
7 
 | 
  
8 
 | 
  
9 
 | 
  
10 
 | 
 |||||
Skor 
 | 
  
2 
 | 
  
2 
 | 
  
5 
 | 
  
5 
 | 
  
5 
 | 
  
5 
 | 
  
5 
 | 
  
5 
 | 
  
5 
 | 
  
5 
 | 
  
44 
 | 
  
Tuntas 
 | 
  
Tidak tuntas 
 | 
 |
Egalita 
 | 
  
2 
 | 
  
2 
 | 
  
4 
 | 
  
3 
 | 
  
3 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
4 
 | 
  
4 
 | 
  
4 
 | 
  
33 
 | 
  
75.00 
 | 
  
√ 
 | 
  |
Panji 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
4 
 | 
  
4 
 | 
  
4 
 | 
  
5 
 | 
  
4 
 | 
  
4 
 | 
  
4 
 | 
  
4 
 | 
  
36 
 | 
  
81.82 
 | 
  
√ 
 | 
  |
Keterangan :
·        
Skor adalah pembobotan pada
masing-masing soal sesuai bobot soal (boleh dibuat bobot sama untuk setiap
soal, boleh dengan bobot berbeda untuk setiap soal). Yang lebih baik / adil
bagi siswa adalah bobot yang berbeda untuk setiap soal sesuai dengan tingkat
kesulitan soal.
·        
Skor maximal / total skor
adalah jumlah skor untuk seluruh soal
·        
Ketuntasan / nilai adalah
skor perolehan siswa dibagi skor max kali 100
·        
Ketuntasan sebagaimana
ditetapkan dalam pedoman penilaian adalah 
66 - 70 / B-) atau sekolah dapat menentukan lebih tinggi dari ketentuan
tersebut
·        
Dari analisa diatas,
disimpulkan bahwa  ananda Egalita dan
Panji telah  tuntas untuk materi di tema
1 sub tema 1.
·        
Untuk ulangan harian dalam
membuat soal, ketentuan jumlah soal dan jenis soal diserahkan pada guru
masing-masing
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai dua tema, maka
diadakan kegiatan Ulangan Tengah Semester (UTS)
Contoh jadwal UTS :
Hari / tanggal 
 | 
  
Waktu 
 | 
  
Mata pelajaran / Tema dan Sub tema 
 | 
 
Senin, 21 Okt 2013 
 | 
  
07.00
  – 09.00 
 | 
  
Tema         : Diriku 
Sub tema   : ~ Aku dan teman
  baruku 
                  ~ Tubuhku 
 | 
 
09.30
  – 11.00 
 | 
  
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 
 | 
 |
Selasa, 22 Okt 2013 
 | 
  
07.00
  – 09.00 
 | 
  
Tema         : Diriku 
Sub tema   : ~ Aku merawat tubuhku 
                    ~ Aku
  istimewa 
 | 
 
09.30
  – 11.00 
 | 
  
Mulok (misal : Bahasa Daerah ) 
 | 
 |
Rabu, 23 Okt 2013 
 | 
  
07.00
  – 09.00 
 | 
  
Tema        : Kegemaranku 
Sub tema  : ~ Gemar berolah
  raga 
                   ~ Gemar
  bernyanyi & menari 
 | 
 
09.30
  – 11.00 
 | 
  
Bahasa Inggris (bagi sekolah yang memberikan pelajaran bahasa inggris 
 | 
 |
Kamis, 24 Okt 2013 
 | 
  
07.00
  – 09.00 
 | 
  
Tema         : Kegemaranku 
Sub tema   : ~ Gemar menggambar 
                    ~ Gemar
  membaca 
 | 
 
Keterangan :
·        
Langkah-langkah dalam
pelaksanaan UTS sama halnya dengan ulangan harian
·        
Jenis soal dan jumlah soal
UTS diserahkan pada sekolah masing-masing
·        
Setelah pelaksanaan UTS ,
akan dilakssanakan pembelajaran setiap hari sesuai RPP yang telah dibuat guru.
Dan kegiatan ulangan harian dilaksanakan kembali setiap akhir sub tema / satu
kali dalam seminggu.
·        
Pada akhir semester,
seluruh tema telah diajarkan dan diakhiri dengan kegiatan Ulangan Akhir
Semester (UAS). Materi dan jadwal UAS adalah sebagai berikut.
Contoh jadwal UAS :
Hari /
  tanggal 
 | 
  
Waktu 
 | 
  
Mata
  pelajaran /Tema dan Sub tema 
 | 
 
Senin, 2 Des 2013 
 | 
  
07.00 – 09.00 
 | 
  
Tema         : Diriku 
Sub tema   : ~ Aku dan teman baruku 
                  ~ Tubuhku 
                  ~ Aku merawat
  tubuhku 
                  ~ Aku
  istimewa 
 | 
 
09.30 – 11.00 
 | 
  
Pendidikan Agama dan Budi
  Pekerti 
 | 
 |
Selasa, 3 Des 2013 
 | 
  
07.00 – 09.00 
 | 
  
Tema        : Kegemaranku 
Sub tema   : ~ Gemar berolah
  raga 
                    ~ Gemar
  bernyanyi & menari 
                    ~ Gemar
  menggambar 
                    ~ Gemar
  membaca 
 | 
 
09.30 – 11.00 
 | 
  
Mulok ( missal : Bahasa Daerah
  ) 
 | 
 |
Rabu, 4 Des 2013 
 | 
  
07.00 – 09.00 
 | 
  
Tema       : Kegiatanku 
Sub tema  : ~ Kegiatan di pagi hari 
                   ~ Kegiatan di siang hari 
                   ~ Kegiatan di sore hari 
                   ~ Kegiatan di malam hari 
 | 
 
09.30 – 11.00 
 | 
  
Bahasa Inggris (bagi sekolah
  yang memberikan pelajaran bahasa inggris 
 | 
 |
Kamis, 5 Des 2013 
 | 
  
07.00 – 09.00 
 | 
  
Tema         : Keluargaku 
Sub tema   : ~ Anggota keluargaku 
                    ~ Kegiatan keluargaku 
                    ~ Keluarga besarku 
                    ~ Kebersamaan dalam
  keluarga 
 | 
 
Keterangan :
- Langkah-langkah pelaksanaan
     UAS sama halnya dengan ulangan harian dan UTS
 - Jenis soal dan jumlah soal UAS diserahkan pada sekolah masing-masing
 
Dengan demikian serangkaian kegiatan selama satu semester dalam penilaian
pengetahuan sudah dilaksanakan.Maka perlu dibuat format rekap nilai
pengetahuan.
Berikut contoh format nilai pengetahuan dalam satu semester (dimana
nilai yang tertera pada UH tema -1 sub tema 1 adalah sesuai dengan contoh RPP
diatas) sementara nilai yang lain hanya contoh saja.
.
Contoh format nilai pengetahuan :
Nama 
 | 
  
UH Tema-1 
 | 
  
UH Tema-2 
 | 
 ||||||
ST-1 
 | 
  
ST-2 
 | 
  
ST-3 
 | 
  
ST-4 
 | 
  
ST-1 
 | 
  
ST-2 
 | 
  
ST-3 
 | 
  
ST-4 
 | 
 |
Egalita 
 | 
  
66 
 | 
  
80 
 | 
  
76 
 | 
  
95 
 | 
  
88 
 | 
  
78 
 | 
  
77 
 | 
  
92 
 | 
 
Panji 
 | 
  
82 
 | 
  
78 
 | 
  
90 
 | 
  
89 
 | 
  
72 
 | 
  
90 
 | 
  
88 
 | 
  
98 
 | 
 
Catatan:  ST-1 : sub tema1; ST-2:
sub tema-2 dst.
Nama 
 | 
  
UTS 
 | 
 |||
Tema-1 
 | 
  
Tema-2 
 | 
 |||
ST-1,2 
 | 
  
ST-3,4 
 | 
  
ST-1,2 
 | 
  
ST-3,4 
 | 
 |
Egalita 
 | 
  
88 
 | 
  
90 
 | 
  
82 
 | 
  
85 
 | 
 
Panji 
 | 
  
81 
 | 
  
79 
 | 
  
77 
 | 
  
90 
 | 
 
Misal berikut hasil rekap
penilaian untuk Ulangan Harian (UH) pada tema 3 dan tema 4.
Nama 
 | 
  
UH Tema-3 
 | 
  
UH Tema-4 
 | 
 ||||||
ST-1 
 | 
  
ST-2 
 | 
  
ST-3 
 | 
  
ST-4 
 | 
  
ST-1 
 | 
  
ST-2 
 | 
  
ST-3 
 | 
  
ST-4 
 | 
 |
Egalita 
 | 
  
90 
 | 
  
88 
 | 
  
78 
 | 
  
80 
 | 
  
89 
 | 
  
85 
 | 
  
86 
 | 
  
79 
 | 
 
Panji 
 | 
  
70 
 | 
  
85 
 | 
  
90 
 | 
  
81 
 | 
  
78 
 | 
  
79 
 | 
  
86 
 | 
  
88 
 | 
 
Nama 
 | 
  
UAS 
 | 
  
NA 
 | 
 |||
Tema-1 
 | 
  
Tema-2 
 | 
  
Tema-3 
 | 
  
Tema-4 
 | 
 ||
Egalita 
 | 
  
85 
 | 
  
81 
 | 
  
90 
 | 
  
84 
 | 
  
84 
 | 
 
Panji 
 | 
  
92 
 | 
  
90 
 | 
  
89 
 | 
  
88 
 | 
  
85 
 | 
 
Keterangan :
·        
Format diatas sebaiknya
dibuat secara menyamping / landscape dan exel
·        
NA (Nilai Akhir) adalah
rata-rata dari seluruh nilai (mulai UH , UTS dan UAS)
·        
Setelah rekap selesai, maka
guru dapat membuat catatan / deskripsi guma mengisi rapor semester-1
·        
Deskripsi diambil dari
nilai yang paling rendah dan nilai yang paling tinggi pada rekap nilai .(bisa
di UH, UTS atau UAS)
·        
Jika nilai terendah dan
tertinggi sudah ditemukan, maka guru dapat menuliskan  KD apa saja yang perlu dilatih dan KD apa
saja yang perlu dipertahankan 
·        
Pada contoh diatas ananda
egalita nilai terendah 66 (tema 1 sub tema 1) , nilai tertinggi 92 (tema 2 sub
tema 4). Sementara ananda Panji nilai terendah 70 (tema 3 sub tema 1) nilai
tertinggi 98 (tema 2 sub tema 4)
·        
Maka dalam membuat
deskripsi pada rapor semester 1 untuk ananda egalita dilihat kisi2 soal pada
ulangan harian tema 1 sub tema 1 dan kisi2 soal ulangan harian tema 2 sub tema
4.
Nama           : Egalita
Aspek 
 | 
  
Catatan 
 | 
 
Mengingatdan
  memahami pengetahuan faktual dan konseptual
  berdasarkan rasa ingin tahu tentang: 
·  
  dirinya, 
·  
  makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya 
·  
  benda-benda lain di sekitarnya 
 | 
  
·       Ananda
  egalita dapat …..(diisi dengan KD PPKN pada tema 2 sub tema 4)
  dengan baik, untuk …..(diisi dengan KD PPKN pada tema 1 sub tema 1)
  perlu bimbingan lagi 
·       Ananda
  egalita dapat …..(diisi dengan KD BI pada tema 2 sub tema 4)
  dengan sangat baik, untuk …..(diisi KD BI pada tema 1 sub tema 1)
  perlu bimbingan 
·      
  Ananda egalita dapat …..(diisi dengan
  KD MTK pada tema 2 sub tema 4) dengan baik, untuk …..(diisi
  dengan KD MTK pada tema 1 sub tema 1) perlu dibimbing lagi 
 | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar