Sabtu, 26 April 2014

PELAKSANAAN PENILAIAN TEMATIK TERPADU

PELAKSANAAN PENILAIAN
DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
DI SEKOLAH DASAR


Kegiatan pembelajaran sepenuhnya diarahkan pada pengembangan ketiga aspek yaitu aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara utuh/holistik, artinya pengembangan aspek yang satu tidak bisa dipisahkan dengan aspek lainnya. Dengan demikian pada saat melakukan proses pembelajaran dengan kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi/mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan, pendidik
harus melakukan penilaian proses untuk melihat perkembangan dari ketiga aspek tersebut. Untuk membantu guru dalam melakukan penilaian di kelas, diperlukan panduan teknis penilaian tematik di sekolah dasar.
Proses penilaian dalam pembelajaran tersebut dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu dimulai dari perencanaan, pelaksanaan penilaian dan pengambilan keputusan hasil penilaian.Pembahasan dalam  buku ini dimulai dengan pemberian contoh RPP, contoh instrumen dan rubrik penilaian yang sesuai dengan kegiatan dalam pembelajaran tersebut, analisis hasil pembelajaran, dan pelaporan hasil belajar.

Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Penilaian pembelajaran tematik diawali dengan penyusunan RPP tematik.



1. Sekolah                           :    SD …..
2. Kelas/Semester               :    I / 1
3. Tema                              :    1. Diriku
4. Sub Tema                       :    1.1. Aku dan teman baru
5. Pembelajaran                  :    2
6. Alokasi  Waktu               :    1 hari (6 x 35 menit)

A.   KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.4.    Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
INDIKATOR
3.4.1   Mengidentifikasi nama teman

4.4.    Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator:
4.4.1.   Menyebutkan identitas teman

Matematika
3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan bendabenda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
Indikator
3.1.1.  Menghitung banyak benda 1-5
3.1.2.  Menunjukkan benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan

PPKn
 4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
Indikator
4.2.1.  Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah

C.   TUJUAN  PEMBELAJARAN      
      1.    Dengan melakukan permainan, siswa dapat mengidentifikasi nama teman baru dengan tepat.
2.    Setelah melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama temannya Dengan benar.
3.    Setelah mengikuti permainan, siswa dapat mengenalkonsep bilangan 1-5 dengan tepat.
4.    Dengan melakukan permainan siswa dapat mengenallambang bilangan dengan benar.



D.   MATERI PEMBELAJARA
1.    Mengenal konsep bilangan 1 - 5
2.    Mengenal lambang bilangan
3.    Mengidentifikasi dan menyebut nama teman

E.    METODE PEMBELAJARAN
·         Pendekatan           : saintifik
·         Model                  : model problem based learning

F.    MEDIA, ALAT & SUMBER BELAJAR
      1.    Buku panduan guru, halaman 8 – 11.
2.    Buku siswa, halaman 5 -7
3.    Potongan kertas bertuliskan bilangan atau kartu bilangan.

A.   LANGKAH-LANGKAH  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Jenis
Uraian
Waktu
Sesi 1
Pendahuluan
1.    Guru memberi salam
2.    Berdoa yang dipimpin salah seorang siswa
3.    Apersepsi:
Guru menyampaikan garis besar pembelajaran  hari ini, yaitu “mengenal bilangan dan belajar berhitung melalui kegiatan permainan”.
15 menit
Inti
































Sesi dua
1.    Guru menulis angka dipapan dan siswa mengamati
2.    Siswa maju secara acak untuk membilang angka yang ditunjuk guru
3.    Guru menempelkan kertas bertuliskan angka  1-5 di beberapa bagian kelas. Misalnya, angka 1 ditempel di satu sudut kelas. Angka 2 ditempel di papan tulis.
4.    Satu siswa diminta untuk berdiri di dekat angka 1,
dua siswa diminta berdiri di dekat angka 2 demikian
seterusnya sampai di angka 5 dengan lima orang
siswa.
5.    Siswa diminta kembali ke tempat semula.
6.    Kegiatan ini diulang-ulang sehingga seluruh anak    paham konsep bilangan.
7.    Guru menghitung sampai angka 5 dan meminta   siswa untuk menuju ke sudut-sudut angka tersebut.
8.    Jumlah siswa di setiap sudut harus sesuai dengan    angka yang tertera. Misalnya,pada sudut dengan angka 1, hanya ada satu siswa di sana. Begitu juga dengan angka yang lainnya.
9.    Guru mengulang kegiatan sampai siswa paham mengenai banyak benda dan lambang bilangan 1-5.
10. Guru melakukan refleksi kegiatan dengan cara meminta siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.
11. Siswa berlatih memasangkan lambang bilangan 1-5 dengan jumlah bilangan dibuku siswa.
12. Siswa menyampaikan hasil berlatihnya, semstara siswa yang lain memberi komentar

1.     Guru mengajak siswa untuk mengenal temannya
dengan bermain mengenal teman baru.
2.    Siswa berkumpul membuat kelompok masing-masing 5 orang.
3.    Siswa akan berbagi informasi mengenai nama panggilan dan nama lengkap.
4.    Setiap siswa akan menyebutkan identitas teman yang duduk di sebelahnya. Lalu, setiap kelompok membentuk lingkaran. Masing-masing kelompok mengundi siapa yang mendapat giliran pertamamengenalkan nama lengkap teman di sebelahnya.
5.    Siswa yang mendapat giliran pertama bertugas menyebutkan identitas teman yang duduk di sebelah kanannya. Siswa kedua bertugas menyebutkan identitas teman berikutnya.
6.    Teman lain mengamati dan membantu mengoreksi jika ada informasi yang tidak sesuai.
7.    Kegiatan diulang sampai semua mendapat giliran.
8.    Guru membuat tabel yang berisi nama lengkap dan nama panggilan.
9.    Siswa diminta menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan teman
10. Guru menuliskan nama-nama siswa yang memiliki nama lengkap dan nama panggilan yang sama dalam satu kelompok.

11. Setelah semua terdata, guru mengajak siswa memperhatikan nama-nama siswa dalam setiap kelompoknya.

35 menit























35 menit








70 menit



















35 menit
Penutup
1.   Setelah selesai, guru bersama siswa menyimpulkan  bahwa hampir semua anak mempunyai nama lengkap dan nama panggilan dan semua nama bagus. Maka kita tidak boleh mengejek nama siapapun.
2.    Guru memberi salam dan memberi pesan untuk belajar      dirumah.
20  menit

H. PENILAIAN
Teknik penilaian :
              a.    Penilaian sikap sosial (KI.2)
~ Pengamatan / observasi (saat bermain angka)
    1. Penilaian pengetahuan (KI.3)
~ Penugasan (saat berlatih memasangkan lambang bilangan di buku siswa)
    1. Penilaian keterampilan (KI.4)
~ Unjuk kerja (saat bermain mengidentifikasi nama teman)


Jakarta, 12 September 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                     Guru Kelas I




_____________________                                        _____________________
NIP.                                                                   NIP .


Teknis dan jenis penilaian disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. Misalkan pada pembelajaran di atas, teknik dan jenis penilaiannya antara lain: observasi/pengamatan,  penugasan,  dan unjuk kerja.  Contoh instrumen penilaian untuk jenis penilaian tersebut sebagai berikut.

1.   LEMBAR PENILAIAN
a.    Lembar Penilaian  Observasi atau Pengamatan
Instrumen penilaian sikap sosial (KI.2) / pengamatan :
Tema                : Diriku
Indikator        : ~ Menjalankan peraturan pada permainan disekolah
                             ~ Mengidentifikasi nama teman
                             ~ Menyebutkan identitas teman


Nama
Percaya diri
Disiplin
Bekerja sama
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
Egalita









Panji










Keterangan :
·         Rubrik :
Perilaku
4
3
2
1
Percaya diri
Tidak terlihat ragu-ragu
Terlihat ragu-ragu
Memerlukan bantuan guru
Belum menunjukkan kepercayaan diri
Disiplin
Mampu menjalankan aturan dengan kesadaran sendiri
Mampu menjalankan aturan dengan pengarahan guru
Kurang mampu menjalankan aturan
Belum mampu menjalankan aturan
Bekerja sama
Selalu dapat menunjukkan sikap bekerja sama
Sering dapat menunjukkan sikap bekerja sama
Kadang2 menunjukkan sikap bekerja sama
Belum bisa bekerja sama


·         Nilai skala pada masing-masing aspek (percaya diri, disiplin, bekerja keras), akan dimasukkan dalam rekap nilai sikap sosial per tema dalam satu semester

a.    Lembar Penilaian Penugasan
Instrumen penilaian pengetahuan (KI.3) / penugasan :
Tema               :    Diriku
Muatan            :    Matematika
KD                  :    3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakanbenda benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau  tempat  bermain
Indikator        :    ~   menghitung banyak benda 1 – 5
                                           ~ menunjukkan benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan


Nama siswa
Nilai
Rata2
Nilai
Tes tulis
Tes lisan
Penugasan

Tulis1

Tulis2
Tulis3
Lisan1
Lisan2
Lisan3
Tugas1
KD 3.1
Tugas2
Tugas4
Egalita






3/75



Panji






2/50




Rubrik (KD.3.1) :
·        Mengenal konsep dan lambang bil.dengan benar (semua benar) = 4 (100)
·        Mengenal konsep dan lambang bil.(ada 1-2 yg salah) = 3 (75)
·        Mengenal konsep dan lambang bil.(ada 3-5 yg salah) = 2 (50)
·        Mengenal konsep dan lambang bil.(lebih dari 5 yg salah) = 1 (25)

Keterangan :
·        Nilai = skor perolehan dibagi skor maksimal kali 100, contoh nilai egalita = 3 : 4 x 100 = 75
·        Nilai pengetahuan pada setiap pembelajaran akan dimasukkan dalam rekap nilai pengetahuan (sesuai mapel/muatannya) per tema dalam satu semester

b.   Lembar Penilaian Unjuk kerja
Instrumen penilaian keterampilan (KI.4) / unjuk kerja :
Tema            :    Diriku
Muatan         :    Bahasa Indonesia
KD               : 4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yangdapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator      :    ~ Mengidentifikasi nama teman
                               ~ Menyebutkan identitas teman
                               ~ Melaksanakan peraturan permainan disekolah

Nama siswa
Tema-1
Nilai akhir / predikat

Produk
Proyek
Porto folio
Unjuk kerja

Egalita












4/100




Panji












3/75





Rubrik (KD.4.4) :
·         Siswa mampu menyebutkan identitas dari 4 atau lebih temannya.= 4 (100)
·         Siswa mampu menyebutkan identitas dari 3 temannya.= 3 (75)
·         Siswa mampu meyebutkan identitas dari 2 temannya.= 2 (50)
·         Siswa mampu menyebutkan identitas dari 1 temannya.= 1 (25)

Keterangan :
·         Nilai = skor perolehan dibagi skor maximal kali 100, contoh nilai egalita = 4 : 4 x 100 = 100
·         Nilai keterampilan pada setiap pembelajaran akan dimasukkan dalam rekap nilai keterampilan (sesuai mapel/muatannya) per tema dalam satu semester
·         Untuk sub tema lain, teknik dan jenis penilaiannya yang digunakan disesuaikan dengan kegiatan pembelajarannya.

1.   PENGOLAHAN NILAI 
a.    Pengolahan Penilaian aspek  Sikap
Penilaian sikap dilakukan melalui kegiatan observasi, penilaian diri, penilaian antarteman, dan jurnal catatan guru.
Observasi
Instrumen penilaian sikap sosial (KI.2)
Tema                              :    Diriku
Indikator                         :    ~  Menjalankan peraturan pada permainan disekolah
                                        ~ Mengidentifikasi nama teman
                                        ~ Menyebutkan identitas teman

Nama
Percaya diri
Disiplin
Bekerja sama
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
Egalita









Panji




































Keterangan :
·         Berilah dengan “chechlist” atau “V” pada kolom yang sesuai.
·         Nilai skala pada masing-masing aspek (percaya diri, disiplin, bekerja keras), akan dimasukkan dalam rekap nilai sikap social per tema dalam satu semester



         REKAP HASIL OBSERVASI SIKAP SOSIAL SEMESTER-1

Keterangan :
      1.    Rekapitulasi hasil observasi sikap, diperoleh dari observasi terkait dengan sikap sosial dari tema 1 s.d tema 4 yang telah dibuat pada rubrik dari tiap-tiap tema.
2.    Kolom deskripsi diisi kecenderungan yang menunjukkan sikap yang menonjol dan hal-hal yang masih diperlukan bimbingan.
Contoh Deskripsi yang disiapkan untuk mengisi buku rapor.
Egalita:
Menunjukkan sikap santun dan percayadiri sangat menonjol, namunmasih perlu usaha-usaha dan bimbingan dalam hal kerjasama.
Panji:
Menunjukkan sikap teliti dan santun baik, namun masih perlu usaha-usaha dan bimbingan dalam hal menumbuhkan sikap percaya diri, disiplin, dan bekerjasama .


b.   Pengolahan Penilaian aspek  Pengetahuan
Dalam satu semester diambil dari :
a.      Nilai ulangan harian
            b.     Nilai UTS
            c.      Nilai UAS

Nilai Ulangan Harian :
Ulangan harian dilaksanakan setiap akhir dari sub tema (PBM-6/seminggu sekali). Waktu bisa ditentukan oleh guru masing-masing.Sehingga dalam satu semester guru melakukan ulangan harian sebanyak 16 kali. Ulangan harian dapat dilaksanakan melalui :
·         Tes tulis
·         Tes lisan
·         Penugasan (PR atau Proyek)

Materi dalam ulangan harian meliputi seluruh muatan yang telah diajarkan dalam satu minggu.
Langkah-langkahdalam melakukan ulangan harian:
1.    Membuat kisi-kisi soal (untuk menentukan materi, jenis soal dan bobot soal)
2.    Membuat soal (disesuaikan dengan kisi-kisi yang telah dibuat)
3.    Melakukan ulangan harian
4.    Koreksi dan analisis hasil ulangan (untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, perlu dan tidaknya diadakan remedial serta untuk memberikan pengayaan)


Contoh langkah 1 (pembuatan kisi-kisi) :
Kegiatan                                 : Ulangan harian  
Kelas/semester                        : I/1
Tema                                       : 1. Diriku
Sub tema                                  : 1.1 Aku dan teman baru
Pembelajaran                            :


NO
KOMPETENSI DASAR
MUATAN
MAPEL
MATERI
INDKATOR SOAL
NO SOAL
JENIS SOAL
1
3.4. Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
BI
Mengidentifikasi jenis kelamin
Disajikan gambar, siswa dapat  mengidentifikasi jenis kelamin
1
Subyektif tes /  C1
2
3.4. Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
BI
Menyebut identitas teman
Disajikan pernyataan, siswa dapat menyebut identitas teman
2
Subyektif tes /  C3
3
a.      Mengenal teks diskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dg kosa kata bhs. Daerah untuk membantu pemahaman
BI
Menyusun huruf menjadi nama
Disajikan pernyataan, siswa dapat menyusun huruf menjadi namanya
3
subyektif / C1
4
1.1.   Mengenal teks diskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bhs. Daerah untuk membantu pemahaman
BI
Menulis jenis kelamin
Disajikan gambar, siswa dapat melengkapi tulisan menjadi nama jenis kelamin
43
Subyektif tes / C1
5
4.2. Melaksanakan tata tertib di
rumah dan sekolah
PPKN
Mengikuti aturan dalam kegiatan di
Sekolah
Disajikan pernyataan, siswa dapat berpendapat terhadap pernyataan tsb
5
Subyektif tes / C4
6
4.2. Melaksanakan tata tertib di
rumah dan sekolah
PPKN
Mengikuti aturan dalam kegiatan di
Sekolah
Disajikan pernyataan, siswa dapat berpendapat terhadap pernyataan tsb
6
Subyektif tes / C1
7
a.      Mengenal bilangan asli sampai 99 dg menggunakan benda2 yg ada disekitar rumah, sekolah atau tempat bermain
MTK
Menyebutkan berapa banyak benda
Disajikan gambar siswa dapat menunjukkan gambar yang paling banyak
7
Subyektif tes / C2
8
c.     Mengenal bilangan asli sampai 99 dg menggunakan benda2 yg ada disekitar rumah, sekolah atau tempat bermain
MTK
Menuliskan lambang bilangan yg sesuai dg banyak benda
Disajikan gambar siswa dapat menghitung jumlah banyak benda
8
Subyektif tes / C3
9
3.1.   Mengenal bilangan asli sampai 99 dg menggunakan benda2 yg ada disekitar rumah, sekolah atau tempat bermain
MTK
Menunjukkan banyak benda sesuai lambang bil yg ditentukan
Disajikan pernyataan, siswa dapat menghitung jumlah banyak benda
9
Subyektif tes / C3
10
3.1.   Mengenal bilangan asli sampai 99 dg menggunakan benda2 yg ada disekitar rumah, sekolah atau tempat bermain
MTK
Menuliskan lambang bilangan yg sesuai dengan banyak benda
Disajikan gambar, siswa dapat menulis urutan angka secara benar
10
Subyektif tes / C1


Contoh langkah 2 (pembuatan soal berdasar kisi-kisi) :


Keterangan :
·         Langkah 3 (pelaksanaan ulangan harian : seminggu sekali / setiap akhir sub tema / PBM-6).

  
Contoh langkah 4 (analisis hasil ulangan) :


Nama
No. soal
(jenis soal : Uraian / subyektif tes)
Total skor

Ketuntasan
(nilai)

Keterangan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Skor
2
2
5
5
5
5
5
5
5
5
44
Tuntas
Tidak tuntas
Egalita
2
2
4
3
3
3
4
4
4
4
33
75.00

Panji
1
2
4
4
4
5
4
4
4
4
36
81.82


Keterangan :
·         Skor adalah pembobotan pada masing-masing soal sesuai bobot soal (boleh dibuat bobot sama untuk setiap soal, boleh dengan bobot berbeda untuk setiap soal). Yang lebih baik / adil bagi siswa adalah bobot yang berbeda untuk setiap soal sesuai dengan tingkat kesulitan soal.
·         Skor maximal / total skor adalah jumlah skor untuk seluruh soal
·         Ketuntasan / nilai adalah skor perolehan siswa dibagi skor max kali 100
·         Ketuntasan sebagaimana ditetapkan dalam pedoman penilaian adalah  66 - 70 / B-) atau sekolah dapat menentukan lebih tinggi dari ketentuan tersebut
·         Dari analisa diatas, disimpulkan bahwa  ananda Egalita dan Panji telah  tuntas untuk materi di tema 1 sub tema 1.
·         Untuk ulangan harian dalam membuat soal, ketentuan jumlah soal dan jenis soal diserahkan pada guru masing-masing

Setelah kegiatan belajar mengajar selesai dua tema, maka diadakan kegiatan Ulangan Tengah Semester (UTS)


Contoh jadwal UTS :
Hari / tanggal
Waktu
Mata pelajaran / Tema dan Sub tema
Senin, 21 Okt 2013
07.00 – 09.00
Tema         : Diriku
Sub tema   : ~ Aku dan teman baruku
                  ~ Tubuhku
09.30 – 11.00
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Selasa, 22 Okt 2013
07.00 – 09.00
Tema         : Diriku
Sub tema   : ~ Aku merawat tubuhku
                    ~ Aku istimewa
09.30 – 11.00
Mulok (misal : Bahasa Daerah )
Rabu, 23 Okt 2013
07.00 – 09.00
Tema        : Kegemaranku
Sub tema  : ~ Gemar berolah raga
                   ~ Gemar bernyanyi & menari
09.30 – 11.00
Bahasa Inggris (bagi sekolah yang memberikan pelajaran bahasa inggris
Kamis, 24 Okt 2013
07.00 – 09.00
Tema         : Kegemaranku
Sub tema   : ~ Gemar menggambar
                    ~ Gemar membaca

Keterangan :
·         Langkah-langkah dalam pelaksanaan UTS sama halnya dengan ulangan harian
·         Jenis soal dan jumlah soal UTS diserahkan pada sekolah masing-masing
·         Setelah pelaksanaan UTS , akan dilakssanakan pembelajaran setiap hari sesuai RPP yang telah dibuat guru. Dan kegiatan ulangan harian dilaksanakan kembali setiap akhir sub tema / satu kali dalam seminggu.
·         Pada akhir semester, seluruh tema telah diajarkan dan diakhiri dengan kegiatan Ulangan Akhir Semester (UAS). Materi dan jadwal UAS adalah sebagai berikut.

  
Contoh jadwal UAS :
Hari / tanggal
Waktu
Mata pelajaran /Tema dan Sub tema
Senin, 2 Des 2013
07.00 – 09.00
Tema         : Diriku
Sub tema   : ~ Aku dan teman baruku
                  ~ Tubuhku
                  ~ Aku merawat tubuhku
                  ~ Aku istimewa
09.30 – 11.00
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Selasa, 3 Des 2013
07.00 – 09.00
Tema        : Kegemaranku
Sub tema   : ~ Gemar berolah raga
                    ~ Gemar bernyanyi & menari
                    ~ Gemar menggambar
                    ~ Gemar membaca
09.30 – 11.00
Mulok ( missal : Bahasa Daerah )
Rabu, 4 Des 2013
07.00 – 09.00
Tema       : Kegiatanku
Sub tema  : ~ Kegiatan di pagi hari
                   ~ Kegiatan di siang hari
                   ~ Kegiatan di sore hari
                   ~ Kegiatan di malam hari
09.30 – 11.00
Bahasa Inggris (bagi sekolah yang memberikan pelajaran bahasa inggris
Kamis, 5 Des 2013
07.00 – 09.00
Tema         : Keluargaku
Sub tema   : ~ Anggota keluargaku
                    ~ Kegiatan keluargaku
                    ~ Keluarga besarku
                    ~ Kebersamaan dalam keluarga

Keterangan :
  • Langkah-langkah pelaksanaan UAS sama halnya dengan ulangan harian dan UTS
  • Jenis soal dan jumlah soal UAS diserahkan pada sekolah masing-masing 
Dengan demikian serangkaian kegiatan selama satu semester dalam penilaian pengetahuan sudah dilaksanakan.Maka perlu dibuat format rekap nilai pengetahuan.
Berikut contoh format nilai pengetahuan dalam satu semester (dimana nilai yang tertera pada UH tema -1 sub tema 1 adalah sesuai dengan contoh RPP diatas) sementara nilai yang lain hanya contoh saja.
.
Contoh format nilai pengetahuan :
Nama
UH Tema-1
UH Tema-2
ST-1
ST-2
ST-3
ST-4
ST-1
ST-2
ST-3
ST-4
Egalita
66
80
76
95
88
78
77
92
Panji
82
78
90
89
72
90
88
98

Catatan:  ST-1 : sub tema1; ST-2: sub tema-2 dst.


Nama
UTS
Tema-1
Tema-2
ST-1,2
ST-3,4
ST-1,2
ST-3,4
Egalita
88
90
82
85
Panji
81
79
77
90


Misal berikut hasil rekap penilaian untuk Ulangan Harian (UH) pada tema 3 dan tema 4.

Nama
UH Tema-3
UH Tema-4
ST-1
ST-2
ST-3
ST-4
ST-1
ST-2
ST-3
ST-4
Egalita
90
88
78
80
89
85
86
79
Panji
70
85
90
81
78
79
86
88

Nama
UAS

NA
Tema-1
Tema-2
Tema-3
Tema-4
Egalita
85
81
90
84
84
Panji
92
90
89
88
85

Keterangan :
·         Format diatas sebaiknya dibuat secara menyamping / landscape dan exel
·         NA (Nilai Akhir) adalah rata-rata dari seluruh nilai (mulai UH , UTS dan UAS)
·         Setelah rekap selesai, maka guru dapat membuat catatan / deskripsi guma mengisi rapor semester-1
·         Deskripsi diambil dari nilai yang paling rendah dan nilai yang paling tinggi pada rekap nilai .(bisa di UH, UTS atau UAS)
·         Jika nilai terendah dan tertinggi sudah ditemukan, maka guru dapat menuliskan  KD apa saja yang perlu dilatih dan KD apa saja yang perlu dipertahankan
·         Pada contoh diatas ananda egalita nilai terendah 66 (tema 1 sub tema 1) , nilai tertinggi 92 (tema 2 sub tema 4). Sementara ananda Panji nilai terendah 70 (tema 3 sub tema 1) nilai tertinggi 98 (tema 2 sub tema 4)
·         Maka dalam membuat deskripsi pada rapor semester 1 untuk ananda egalita dilihat kisi2 soal pada ulangan harian tema 1 sub tema 1 dan kisi2 soal ulangan harian tema 2 sub tema 4.

Nama           : Egalita
Aspek
Catatan
Mengingatdan memahami pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahu tentang:
·   dirinya,
·   makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya
·   benda-benda lain di sekitarnya
·       Ananda egalita dapat …..(diisi dengan KD PPKN pada tema 2 sub tema 4) dengan baik, untuk …..(diisi dengan KD PPKN pada tema 1 sub tema 1) perlu bimbingan lagi
·       Ananda egalita dapat …..(diisi dengan KD BI pada tema 2 sub tema 4) dengan sangat baik, untuk …..(diisi KD BI pada tema 1 sub tema 1) perlu bimbingan
·       Ananda egalita dapat …..(diisi dengan KD MTK pada tema 2 sub tema 4) dengan baik, untuk …..(diisi dengan KD MTK pada tema 1 sub tema 1) perlu dibimbing lagi









Tidak ada komentar:

obah ojo owah

 obah ojo owah tiga kata bahasa jawa tersirat berbagai makna. obah dimaksudkan bergerak. ojo bisa larangan, rambu2 waspada dan himbauan. owa...