Kamis, 03 Oktober 2013

KURIKULUM 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP
Tema- SELALU BERHEMAT ENERGI –
 Sub tema- MACAM-MACAM SUMBER ENERGI

Tahun 2013-2014

Sekolah                                                         : SD Negeri Impian Surabaya
Kelas/semester                                             : 4/1
Tema                                                              : Selalu berhemat energi
Sub tema                                                       : macam-macam sumber energi
Pertemuan ke-                                              : 25
Alokasi waktu                                               : 6x35 menit



A. Kompetensi Inti

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
   


C. Tujuan Pembelajaran
·      Setelah kegiatan eksplorasi, melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat benda-benda elektronik.
·      Setelah kegiatan eksplorasi, melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat sumber energi listrik bagi kehidupan manusia.
·      Dengan kegiatan eksplorasi mengerjakan soal-soal latihan hitung campur, siswa mampu mengaplikasikan konsep persamaan ekspresi kalimat matematika dalam operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan perkalian secara benar.
·      Dengan kegiatan eksplorasi, siswa mampu menyajikan teks laporan hasil pengamatan dalam bentuk tabel tentang manfaat benda-benda elektronik dan perubahan bentuk energi listrik dengan benar.

·      Setelah kegiatan pengamatan terhadap benda-benda elektronik , siswa mampu menyajikan dan menerangkan teks arahan/petunjuk tentang cara pengunaan benda-benda elektronik dengan benar dalam bentuk buklet.

A. Materi Ajar
IPA, Matematika, dan Bahasa Indonesia


B. Metode Pembelajaran:
Mengamati, identifikasi,exercise, problemsolving,duplikasi


C. Kegiatan Pembelajaran




Kegiatan

Diskripsi
Alokasi waktu

Pendahuluan
Guru mengucapkan salam,
Mengajak siswa berdoa bersama
Alpha zone:
 “tepuk tong tji”
Buka telapak tangan kiri, sentuhkan semua ujung jari kanan ke telapak tangan kiri sebanyak 2 kali sambil berseru “tong tji”- “tong tji”
Lalu jawab dengan tepukan 2 kali sambil berkata “cha-cha”
Kepakan 2 tangan sebanyak 2 kali (seperti sayap burung yang akan terbang)sambil berseru “wing-wing”,
lalu jawab dengan tepukan 2 kali sambil berkata “cha-cha”
Letakan kedua tangan dipinggang, kepala di geleng-gelengkan kiri kanan sambil berseru “gelang-geleng”
Lalu jawab dengan tepukan 2 kali sambil berkata “cha-cha”


Inti
siswa diajak mengamati lampu
di ruang kelas, minta satu siswa untuk menyalakan dan
memadamkan lampu tersebut lewat saklar yang ada.


Guru mengajukan pertanyaan, (tuliskan jawaban siswa
di papan tulis):
a.    Mengapa lampu itu bisa menyala dan padam?
(karena ada tombol saklar yang digerakkan)
b.    Apa fungsi saklar lampu di dinding tersebut?
(untuk menyalakan dan memadamkan lampu)
c.    Saat lampu dimatikan, saklar berubah posisi, mengapa demikian?
 (arus listrik diputus sehingga tidak mengalir ke lampu)
d.    Demikian pula saat lampu dinyalakan, saklar berubah posisi, mengapa demikian?
(arus listrik dialirkan ke lampu)
e.    Selain karena saklar yang berubah posisi, adakah hal lain yang menyebabkan lampu itu terus menyala?
(karena ada sumber energi listrik/arus listrik)


Guru mengajukan pertanyaan terbuka:
“Bagaimana peranan arus listrik dalam kehidupan sehari-hari? Adakah manfaatnya?”


Siswa melakukan pengamatan pada benda-benda elektronik di sekitar sekolah, mengidentifikasi kegunaan dan perubahan bentuk energi, serta mencatat hasil pengamatan dalam bentuk tabel. (Penilaian no. 1)



Siswa menarik kesimpulan tentang kegunaan benda serta hubungannya dengan arus listrik yang merupakan salah satu bentuk energi, dengan mengajukan beberapa
pertanyaan:
−− Siswa diarahkan untuk menarik kesimpulan dari hasil data yang telah dibuat, dengan mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan :
a. Bagaimana benda-benda tersebut dapat bekerja? (dengan mengalirkan arus listrik)
b. Apa yang terjadi jika tidak terdapat arus listrik yang mengalir pada bendabenda tersebut? (benda tidak dapat bekerja)
c. Bagaimana peranan benda-benda tersebut dalam kehidupan sehari-hari? (mempermudah pekerjaan manusia)
d. Bagaimana peranan bentuk energi listrik dalam kehidupan manusia? (mempermudah pekerjaan manusia)
−− Bagaimana peralatan elektronik tersebut membantu mempermudah kehidupan kita?
−− Bagaimana perubahan bentuk energi yang terjadi saat benda-benda tersebut bekerja?
−− Bagaimana manfaat listrik dalam kehidupan kita?
Kesimpulan yang diharapkan:
−− Benda-benda elektronik memiliki kegunaan untuk mempermudah kehidupan manusia.
−− Benda-benda elektronik dapat menjalankan fungsinya jika dialiri arus listrik.
−− Arus listrik merupakan salah satu bentuk energi karena menyebabkan benda-benda elektronik bekerja/berfungsi.
−− Arus listrik bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, yaitu mempermudah kehidupan manusia.

Guru mengkonfirmasikan kesimpulan dengan teori yang ada.
Sumber energi terbesar yang digunakan dalam kehidupan adalah matahari. Matahari memberikan energi panas pada berbagai benda di bumi. Dalam hal pancarannya matahari juga memberikan penerangan di muka bumi ini dalam bentuk energi cahaya. Sumber energi lain yang tersedia di alam adalah energi air dan angin.
Energi Nuklir adalah energi yang terjadi akibat pemecahan inti atom yang disebut gejala reaksi fisi atau penggabungan inti atom yang disebut reaksi fusi yang selanjutnya dikendalikan dalam reaktor nuklir. Dengan pengendalian yang baik energi nuklir ini dapat diubah menjadi energi listrik atau Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) dan dapat dihasilkan energi yang sangat besar dan dapat kita manfaatkan bagi keperluan hidup sehari-hari.


Pemakaian energi listrik di rumah-rumah dihitung berdasarkan banyaknya daya yang dipakai dalam selang waktu tertentu, yang pada umumnya dihitung tiap bulan melalui rekening listrik yang dikeluarkan PLN. Dalam hal ini PLN menggunakan ukuran kilo watt jam atau disingkat KWH. Besarnya : 1 KWH = 1000 watt jam. Pemakaian energi listrik ini dihitung berdasarkan pemakaian daya, misalnya lampu, televisi, radio, mesin cuci dan sebagainya dalam selang waktu satu bulan.
Andaikan kita menggunakan daya tiap hari untuk lampu setara 50 watt, televisi, 150 watt, mesin cuci 300 watt, maka dalam satu hari kita menggunakan daya tiap hari 500 watt, dalam 30 hari kita menggunakan energi listrik sebanyak 500 watt x 30 hari = 15000 watthari = 15 KWH. Apabila tarif energi listrik pemakaian tiap KWH Rp2000,-
Jumlah dana yang dibayarkan adalah 15 x Rp2000,- = Rp30.000,-


Energi listrik adalah energi yang paling banyak digunakan di rumah. Setiap rumah yang menggunakan energi listrik, harus mengeluarkan biaya untuk membayar daya listrik yang digunakan.


Siswa menjawab pertanyaan :
Sebuah ruang tamu terdiri atas 3 lampu. Dua lampu berukuran 15 watt dan 1 lampu berukuran 40 watt. Berapa watt daya yang digunakan pada ruang itu?

Jika tiga lampu itu digunakan selama 24 jam, berapa killo watt jam (kWh) total daya yang digunakan ketiga lampu tersebut? (1 kWh = 1.000 wattjam)



Siswa mengerjakan latihan soal halaman 3 :
Yuk kita berlatih!
1. Perhatikan kalimat matematika berikut:
a. 2 x 3 + 1 = 7 dan 2 x 3 + 1 8
b. 4 x 7 + 2 = 30 dan 4 x 7 + 2 36
c. 2 + 5 x 4 = 22 dan 2 + 5 x 4 28
d. 8 x 1 + 7 = 15 dan 8 x 1 + 7 64
e. 4 + 5 x 3 = 19 dan 4 + 5 x 3 27
Manakah yang harus dikerjakan terlebih dahulu? Penjumlahan atau perkalian?
Tuliskan aturannya!

2. Selesaikan kalimat matematika berikut dengan jawaban yang benar!
a. 2 x 4 + 5 =
b. 4 x 5 + 3 =
c 2 + 5 x 6 =
d 3 x 7 + 4 =
e 2 + 5 x 8 =
3. Perhatikan kalimat matematika berikut:
a. 2 x 3 - 1 = 5 dan 2 x 3 - 1 4
b. 10 - 2 x 4 = 2 dan 10 - 2 x 4 32
c. 4 x 5 - 5 = 15 dan 4 x 5 - 5 28
d. 10 - 3 x 2 = 4 dan 10 - 3 x 2 14
e. 3 x 6 - 5 = 13 dan 3 x 6 - 5 3
Manakah yang harus dikerjakan terlebih dahulu? Pengurangan atau perkalian?
Tuliskan aturannya!
4. Selesaikan kalimat matematika berikut dengan jawaban yang benar!
a. 2 x 4 - 5 =
b. 4 x 5 - 3 =
c. 6 x 2 - 5 =
d. 3 x 7 - 4 =
e. 8 x 2 - 5 =                                



Selesai mengerjakan latihan siswa diajak ke perpustakaan
Seorang siswa mendapatkan selembar kertas berisi gambar dari meja petugas perpustakaan dan menanyakan kepada guru apa nama selembar kertas tersebut,


Siswa mendengarkan penjelasan guru :
Apa yang kamu ketahui tentang buklet? Yuk kita cari jawabannya!
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok,
Amati gambar berikut dan jawab pertanyaan bersama teman dalam kelompokmu!

Guru mengajukan pertanyaan:
−− Apa isi buklet tersebut? (informasi mengenai sesuatu berupa gambar dan tulisan)
−− Bagaimana kalimat dan gaya bahasa yang digunakan? (kalimat pendek, sederhana, dan mudah dipahami)
−− Bagaimana kenampakan buklet tersebut? (gambar dan warna menarik)
−− Siswa diminta mengamati gambar dan menjawab pertanyaan dengan anggota kelomponya
−− Apa manfaat buklet? (memberikan informasi tentang suatu hal, dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami pembaca)


Siswa berkreasi membuat buklet yang berisi informasi
tentang benda-benda elektronik yang mereka ketahui.
Siswa bisa menggunakan data hasil pengamatan
pada kegiatan pertama sebagai bahan informasi
membuat buklet mereka. (Penilaian no. 2)  dengan langkah-langkah :
1. Ambillah selembar kertas.
2. Lipatlah menjadi tiga bagian.
3. Pilih tiga benda elektronik yang akan kamu cantumkan.
4. Gambar satu benda elektronik di setiap kolom, seperti pada contoh tadi.
5. Lengkapilah bukletmu dengan informasi berikut:
a. Manfaat benda.
b. Sumber energi yang digunakan dan perubahan bentuk energi yang terjadi saat benda bekerja.
c. Cara aman menggunakan benda tersebut.
d. Pemeliharaan benda tersebut sehingga akan tahan lama.



Konfirmasi
Siswa menjawab pertanyaan guru :
1. Apa saja yang telah kalian pelajari hari ini?
2. Apakah hal-hal tersebut berguna dalam kehidupan sehari-hari?
3. Bagaimana perasaanmu selama belajar?
4. Adakah hal lain yang ingin kalian ketahui? Sebutkan!


Penutup
Hikmah :
Kita tahu energi terbesar dari matahari,
siapakah yang menciptakan matahari ? semua tahu matahari adalah ciptaan allah. Matahari memberi manfaat untuk kita semua, allah menyayangi kita semua.

Proyek :
Lakukan pengamatan benda-benda elektronik yang ada di rumahmu, bersama ayah atau ibu :
1. Tuliskan kegunaan benda-benda tersebut.
2. Tuliskan perubahan bentuk energi yang terjadi saat benda bekerja.
3. Hitung total daya yang digunakan benda-benda elektronik tersebut dalam satu hari.



G. Alat dan sumber :
Alat : Kertas ukuran HVS/A3, pinsil warna, spidol warna, buklet
Sumber : Buku siswa tema 2, kelas 4, tematik terpadu-kurikulum 2013
                 Buku guru tema 2, kelas 4, tematik terpadu-kurikulum 2013

H.  Penilaian 
    




  
                                                                        Surabaya, 19 September 2013
Mengetahui                                                                               Guru kelas 4
Kepala Sekolah


Mr. Motivator                                                                              Mrs. Smartina








Tidak ada komentar:

obah ojo owah

 obah ojo owah tiga kata bahasa jawa tersirat berbagai makna. obah dimaksudkan bergerak. ojo bisa larangan, rambu2 waspada dan himbauan. owa...