Sabtu, 26 April 2014

PROJECT BASED LEARNING)

PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
(PROJECT BASED LEARNING)


Pembelajaran berbasis proyek (PBP) merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai sarana pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.Penekanan pembelajaran terletak pada aktivitas peserta didik untuk memecahkan masalah dengan menerapkan keterampilan meneliti, menganalisis, membuat, sampai dengan mempresentasikan produk pembelajaran

Jumat, 25 April 2014

Model Pembelajaran berbasis Masalah


PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
(PROBLEM BASED LEARNING)


Kurikulum 2013 menurut Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang implementasi kurikulum, menganut pandangan dasar bahwa pengetahuan tidak dapat dipindahkan begitu saja dari guru ke peserta didik. Peserta didik adalah subjek yang memiliki kemampuan untuk secara aktif mencari, mengolah, mengkonstruksi, dan menggunakan pengetahuan. Di dalam Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)

PENDEKATAN SCIENTIFIC

PENGGUNAAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Dinas pendidikan kota Surabaya mengintruksikan untuk tahun pelajaran 2014-2015, semua sekolah SD,SMP,SMA dan SMK negeri dan swasta untuk menerapkan kurikulum 2013. Mewadahi dan mereduksi prediksi hambatan dalam  implementasi kurikulum 2013 dilakukan pendampingan dan pelatihan untuk guru kelas 2 dan guru kelas 5, diharapkan nanti ditahun ajaran bapak dan ibu guru kelas 2 mengajar di kelas 1 sedang bapak dan ibu guru kelas 5

Rabu, 29 Januari 2014

PENDIDIKAN INKLUSIF


Pengertian.

Staub dan Peck (1995), dalam Sunardi, 2002) mengemukakan bahwa pendidikan inklusif adalah penempatan anak berkebutuhan khusus tingkat ringan, sedang dan berat secara penuh di kelas reguler. Hal ini menunjukkan bahwa kelas reguler merupakan tempat belajar yang relevan bagi anak berkebutuhan khusus, apapun jenis kelainannya dan bagaimanapun gradasinya. Sapon-shevin (O'Neil, 1995 : dalam Sunardi, 2002) menyatakan bahwa pendidikan inklusif sebagai sistem layanan pendidikan yang mempersyaratkan agar semua anak berkebutuhan khusus dilayani di sekolah-sekolah terdekat, di kelas reguler bersama-sama teman seusianya. Sekolah inklusif adalah sekolah yang menampung semua murid di

Selasa, 28 Januari 2014

MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI

Sejarah, Pengertian dan Implementasinya, dalam Perspektif Pendidikan  Khusus

  1. Sejarah Pendidikan Inklusif
           Sejarah perkembangan pendidikan inklusif di dunia pada mulanya diprakarsai dan diawali dari negara-negara Scandinavia (Denmark, Norwegia,Swedia). Di Amerika Serikat pada tahun1960-an, Presiden Kennedy mengirimkan pakar-pakar Pendidikan Luar Biasa ke Scandinavia untuk mempelajari mainstreaming dan Least restrictive environment, yang ternyata cocok untuk diterapkan di Amerika Serikat. Tuntutan penyelenggaraan pendidikan inklusif di dunia semakin nyata terutama sejak diadakannya konvensi dunia tentang hak anak pada tahun 1989 dan konferensi dunia tentang pendidikan tahun 1991 di Bangkok

Senin, 27 Januari 2014

TUPOKSI KEPALA SEKOLAH

TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA SEKOLAH
A. MENYUSUN PROGRAM KERJA
  1. Merumuskan, menetapkan, dan mengembangkan visi sekolah.
  2. Merumuskan, menetapkan, dan mengembangkan misi sekolah.
  3. Merumuskan, menetapkan, dan mengembangkan tujuan sekolah.
  4. Membuat Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

PARENTING DALAM PENDIDIKAN SEKOLAH INKLUSI

Anak merupakan amanah yang dianugerahkan kepada pasangan yang terpilih, mengapa.........karena tidak semua pasangan bisa memiliki anak atau keturunan, namun bila amanah yang kita terima tidak sesuai dengan harapan kita, diluar kemampuan memahami keindahan dan perbedaan setiap ciptaan NYA, bisa jadi terlihat berbalik dengan pemahaman pada umumnya. Rasa kecewa dan lain menjadi campur aduk di benak dan hati kita sebagai orang tua, dalam kenyataan merupakan suatu masalah besar bagi pasangan-2 atau keluarga tersebut.Namun tidak menutup kemungkinan dibalik yang tidak tampak tersebut tersimpan berlian yang memang memerlukan pengasahan yang cukup rumit. Begitu saya menganalogkan sebuah keluarga yang menerima amanah seorang anak yang berkebutuhan khusus.
Mari kita renungkan, bahwa setiap bocah adalah seniman, masalahnya tinggal cara mempertahankan agar ia tetap artis ketika sudah dewasa (pablo picasso). 

obah ojo owah

 obah ojo owah tiga kata bahasa jawa tersirat berbagai makna. obah dimaksudkan bergerak. ojo bisa larangan, rambu2 waspada dan himbauan. owa...