Rabu, 29 Januari 2014

PENDIDIKAN INKLUSIF


Pengertian.

Staub dan Peck (1995), dalam Sunardi, 2002) mengemukakan bahwa pendidikan inklusif adalah penempatan anak berkebutuhan khusus tingkat ringan, sedang dan berat secara penuh di kelas reguler. Hal ini menunjukkan bahwa kelas reguler merupakan tempat belajar yang relevan bagi anak berkebutuhan khusus, apapun jenis kelainannya dan bagaimanapun gradasinya. Sapon-shevin (O'Neil, 1995 : dalam Sunardi, 2002) menyatakan bahwa pendidikan inklusif sebagai sistem layanan pendidikan yang mempersyaratkan agar semua anak berkebutuhan khusus dilayani di sekolah-sekolah terdekat, di kelas reguler bersama-sama teman seusianya. Sekolah inklusif adalah sekolah yang menampung semua murid di

Selasa, 28 Januari 2014

MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI

Sejarah, Pengertian dan Implementasinya, dalam Perspektif Pendidikan  Khusus

  1. Sejarah Pendidikan Inklusif
           Sejarah perkembangan pendidikan inklusif di dunia pada mulanya diprakarsai dan diawali dari negara-negara Scandinavia (Denmark, Norwegia,Swedia). Di Amerika Serikat pada tahun1960-an, Presiden Kennedy mengirimkan pakar-pakar Pendidikan Luar Biasa ke Scandinavia untuk mempelajari mainstreaming dan Least restrictive environment, yang ternyata cocok untuk diterapkan di Amerika Serikat. Tuntutan penyelenggaraan pendidikan inklusif di dunia semakin nyata terutama sejak diadakannya konvensi dunia tentang hak anak pada tahun 1989 dan konferensi dunia tentang pendidikan tahun 1991 di Bangkok

Senin, 27 Januari 2014

TUPOKSI KEPALA SEKOLAH

TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA SEKOLAH
A. MENYUSUN PROGRAM KERJA
  1. Merumuskan, menetapkan, dan mengembangkan visi sekolah.
  2. Merumuskan, menetapkan, dan mengembangkan misi sekolah.
  3. Merumuskan, menetapkan, dan mengembangkan tujuan sekolah.
  4. Membuat Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

PARENTING DALAM PENDIDIKAN SEKOLAH INKLUSI

Anak merupakan amanah yang dianugerahkan kepada pasangan yang terpilih, mengapa.........karena tidak semua pasangan bisa memiliki anak atau keturunan, namun bila amanah yang kita terima tidak sesuai dengan harapan kita, diluar kemampuan memahami keindahan dan perbedaan setiap ciptaan NYA, bisa jadi terlihat berbalik dengan pemahaman pada umumnya. Rasa kecewa dan lain menjadi campur aduk di benak dan hati kita sebagai orang tua, dalam kenyataan merupakan suatu masalah besar bagi pasangan-2 atau keluarga tersebut.Namun tidak menutup kemungkinan dibalik yang tidak tampak tersebut tersimpan berlian yang memang memerlukan pengasahan yang cukup rumit. Begitu saya menganalogkan sebuah keluarga yang menerima amanah seorang anak yang berkebutuhan khusus.
Mari kita renungkan, bahwa setiap bocah adalah seniman, masalahnya tinggal cara mempertahankan agar ia tetap artis ketika sudah dewasa (pablo picasso). 

Kamis, 03 Oktober 2013

KURIKULUM 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP
Tema- SELALU BERHEMAT ENERGI –
 Sub tema- MACAM-MACAM SUMBER ENERGI

Tahun 2013-2014

Sekolah                                                         : SD Negeri Impian Surabaya
Kelas/semester                                             : 4/1
Tema                                                              : Selalu berhemat energi
Sub tema                                                       : macam-macam sumber energi
Pertemuan ke-                                              : 25
Alokasi waktu                                               : 6x35 menit



A. Kompetensi Inti

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Sabtu, 28 September 2013

IMPLEMENTASI TEORI TAHUN 2013

MINGGU, 22 SEPTEMBER 2013


KELEMAHAN KITA PADA IMPLEMENTASI

Setelah lima hari mengikuti serangkaian kegiatan di Boston dan Washington, serta mendengarkan berbagai kuliah/ceramah, mengunjungi sekolah dan kampus, saya menyimpulkan bahwa kelemahan kita lebih pada tataran implementasi.  Dalam tataran teori dan konsep rasanya kita sudah bagus. Hampir semua yang saya dengar dan saya lihat, kita sudah faham atau paling tidak sudah pernah mendengar teorinya.  Bahkan sudah pernah menerapkan tetapi kurang sungguh-sungguh atau tidak konsistem, sehingga tidak maksimal hasilnya.  Itulah simpulan yang saya sampaikan ketika diminta mewakili kelompok menyampaikan kesan dan rencana ke depan di kantor EDC(Education Development Centre) tanggal 20 sore hari.

PUJIAN TULUS

PUJIAN TULUS ITU REWARD YANG MANIS
Tips Alan Yip,pakar tumbuh kembang dari singapura
memberikan tip bagaimana ortu berperan membentuk kepribadian anak yang baik.
Sikap memanjakan anak, berkaitan dengan motivasi, ini berhubungan dengan tujuan, bagaimana anak bisa memiliki tujuan dan motivasi yang tinggi, jika semua kebutuhan hidupnya disediakan dengan mudah dengan

obah ojo owah

 obah ojo owah tiga kata bahasa jawa tersirat berbagai makna. obah dimaksudkan bergerak. ojo bisa larangan, rambu2 waspada dan himbauan. owa...